Dibiaya Pemkot, 25 Ribu Pekerja Rentan di Ambon Dapat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

by
Penyerahan kartu kepesertaan BPJAMSOSTEK secara simbolis kepada perwakilan pekerja oleh Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK Zainudin bersama Walikota Richard Louhenapessy di Balai Kota Ambon, Senin (5/3/2021). FOTO : BPJAMSOSTEK

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebanyak 25 pekerja rentan di Kota Ambon telah dijamin BPJS Ketenagakerjaan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Pemberian jaminan itu untuk melindungi para pekerja yang rentan saat bekerja.

Komitmen tersebut diwujudkan dalam penyerahan kartu kepesertaan BPJAMSOSTEK secara simbolis kepada perwakilan pekerja oleh Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK Zainudin bersama Walikota Richard Louhenapessy di Balai Kota Ambon, Senin (5/3/2021).

Sebelumnya pada tahun 2020, Pemkot Ambon telah mendaftarkan sebanyak 10.000 pekerja. Dan di tahun 2021 ini, Pemkot Ambon menambah lagi  kepesertaan sebanyak 15.000 pekerja. Sehingga total pekerja rentan yang terdaftar dan dibiayai oleh APBD Kota Ambon pada tahun 2021 adalah sebanyak 25.000 tenaga kerja.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy dalam sambutannya menyatakan, perlindungan sosial bagi pekerja rentan merupakan bentuk proteksi jaminan sosial dari negara kepada rakyat.

“Ini merupakan kepedulian pemerintah terhadap para pekerja non formal di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” kata Richard.

Richard bilang kedepan Pemkot Ambon berniat untuk menambah jumlah kepesertaan jaminan sosial sesuai kondisi keuangan daerah.

Sementara itu Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK Zainudin mengatakan, Kota Ambon harus menjadi role model untuk kabupaten dan kota lain. Itu karena pemerintah peduli sekali terhadap pekerja rentan di Kota Ambon.

“Pemkot Ambon harus menjadi contoh kepedulian terhadap para pekerja rentan, kita sangat memberikan apresiasi sekali,” ujarnya.

BACA SELANJUTNYA