Diduga Varian Delta, BTKL-PP Ambon Kirim Sampel ke Jakarta Untuk Diperiksa

by
Ilustrasi COVID-19 varian delta. Foto : Istimewa

TERASMALUKU.COM,-AMBON-BTKL-PP Kelas II Ambon kirimkan sampel ke laboratorium kesehatan Jakarta untuk diteliti lebih lanjut karena diduga sebagai virus Covid-19 Varian Delta.

Ini disampaikan Juru Bicara satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung Senin (5/7/2021).

Langkah ini dilakukan untuk memastikan apakah benar virus Covid-19 Varian Delta ini sudah masuk Ambon atau tidak. Apalagi belakangan ini tren peningkatan kasus Covid-19 di Maluku secara umum dan Kota Ambon pada khususnya menolanjak sangat signifikan.

Bahkan kemarin saja, Maluku catatkan rekor rertinggi peningkatan kasus dalam sehari, terbanyak dari Kota Ambon.

                 Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung. Foto : Istimewa

“Ini patut diduga varian baru (peningkatan kasus signifikan). Kemarin saya koordinasi dengan BTKL-PP (Ambon), namun mereka belum bisa buktikan. Namun, katanya sudah ada sampel yang dikirim ke Jakarta (untuk diperiksa lebih lanjut),”ungkapnya saat diwawancarai terasmaluku.com.

Namun untuk kepastiannya, lanjut Rerung, menunggu hasil pemeriksaan sampel tersebut dari Jakarta keluar. “Sudah terkirim (sampel yang diduga Varian Delta), tinggal menunggu hasilnya,”sambungnya.

Disisi lain lanjut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Provinsi Maluku ini juga berkaitan dengan faktor cuaca.

“Memang ada kaitan dengan cuaca, kalau cuaca panas virus tidak terlalu bergerak, kalau musim hujan dia naik,”tandasnya. (Ruzady)