Didukung Lagi PKB, PANTAS Tunda Pendaftaran ke KPU Ambon

by
Sekretaris Tim Pemenangan PANTAS Phill Latumerissa memberikan keterangan pers

AMBON-Pasangan Poly Kastanya dan M.A.S.Latuconsina, Rabu (21/9) batal mendaftar ke KPU Kota Ambon, sebagai pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon. Pasangan dengan icon PANTAS ini sebelumnya dijadwalkan mendaftar ke KPU Kota Ambon, dihari pertama pembukaan pendaftaran pasangan calon kepada daerah dan wakil kepada daerah itu.
Sekretaris Tim Pemenangan PANTAS Phill Latumerissa menyatakan, pihaknya membatalkan pendaftaran ke KPU Ambon karena adanya tambahan dukungan lagi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang resmi mengusung pasangan ini. Sehingga diputuskan pendaftaran PANTAS ke KPU Ambon ditunda menunggu dokumen rekomendasi dukungan tersebut. Penundaan juga dilakukan untuk menjaga soliditasi koalisi Parpol pengusung PANTAS.
“Sebelumnya dijadwalkan hari pertama pembukaan, PANTAS langsung mendaftar ke KPU Ambon namun karena ada tambahan dukungan lagi dari PKB, sehingga diputuskan pendaftaran akan dilakukan setelah semua dokumen rekomendasi secara fisik dari PKB rampung (diterima PANTAS). Penundaan ini juga dilakukan untuk menjaga soliditas Parpol pengusung PANTAS, ” kata Latumerissa dalam keterangan pers di Rumah PANTAS kawasan Karang Panjang Ambon, Rabu (21/9) siang.
Menurut dia, salah satu persyaratan pendaftaran ke KPU adalah dibawa sertakan surat rekomendasi dukungan dari Parpol pengusung. Sehingga pihaknya memutuskan menunggu fisik rekomendasi dari PKB tersebut. Setelah itu baru dilakukan pendaftaran ke KPU Ambon. Ia menyatakan, dengan tambahan dukungan dari PKB ini, maka pasangan PANTAS didukung sembilan Parpol, koalisi besar.
Latumerissa menyatakan, batas akhir pendaftaran pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon untuk Pilkada 15 Februari 2017 pada Jumat (23/9) pukul 16.00 WIT. Maka koalisi PANTAS akan mendaftar sebelum berakhirnya waktu pendaftaran tersebut. “Soal waktu pendaftaran pasangan PANTAS, kami akan berkoordinasi dengan KPU Ambon agar tidak bersamaan dengan calon lain. Yang pasti sebelum penutupan pendaftaran kami sudah mendaftar, bisa Kamis atau Jumat pagi,” katanya.
Ia juga menyatakan, pendaftaran nanti dilakukan secara sederhana tanpa ada penggerahan massa pendukung PANTAS. Hanya Parpol koalisi dan PANTAS serta tim suksesnya yang datang mendaftar, tidak melibatkan massa pendukung lainnya termasuk konvoi. “Saat pendataran kami akan keluar dari rumah PANTAS menuju KPU, tidak ada pengerahan massa, hanya pimpinan Parpol, tim sukses dan tentu PANTAS yang hadir. Tapi kalau ada massa yang ikut karena kecintaan mereka kepada PANTAS kami juga tidak bisa melarang,” katanya.
Sementara itu, Richard Louhenapessy dan Syarif Hadler akan mendaftar ke KPU Kota Ambon pada Jumat (23/9) siang, sebagai pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon. Sebelum mendaftar ke KPU, pasangan dengan sebutan PAPARISA BARU ini akan menggelar deklarasi bersama Parpol pengusung dan warga di Monument Gong Perdamaian Dunia di kawasan Jalan Slamet Riyadi Ambon. ADI