Dihantam Gelombang, Kapal Feri Terubuk Tujuan Ambon Bocor, Begini Nasib Penumpangnya

by
Kapal feri KMP Terubuk mengalami kebocoran dalam pelayaran menuju Pelabuhan Hunimua Liang, Pulau Ambon Kamis (2/1/2020) malam. Akibat peristiwa ini, kapal terpaksa dikandaskan di perairan pantai sekitar 20 meter dari Pelabuhan Waipiri Kabupaten SBB, seluruh penumpang berhasil diselamatkan ke darat. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kecelakaan menimpah kapal motor penumpang (KMP) Terubuk dalam pelayaran menuju Pelabuhan Hunimua Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon pada Kamis (2/1/2020) malam. KMP Terubuk yang berangkat dari Pelabuhan Feri Waipirit Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) ini mengalami kebocoran pada lambung kiri kapal.

BACA JUGA : Ini Penjelasan Kemenhub Soal Kebocoran KMP Terubuk Tujuan Ambon

BACA JUGA : Hujan Deras di Ambon, Pohon Tumbang Timpa Mobil Dan Tempat Usaha Warga

Kapolres SBB AKBP Bayu Farida Butar Butar memimpin evakuasi penumpang kapal feri KMP Terubuk yang mengalami kebocoran. FOTO : ISTIMEWA

Kapal bocor setelah mengalami benturan ketika sandar di Pelabuhan Waipirit akibat dihantam gelombang tinggi dan cuaca buruk. Kapal diketahui bocor setelah berlayar sekitar 50 meter meninggalkan Pelabuhan Feri Waipirit menuju Pelabuhan Hunimua, Pulau Ambon. Kapal sempat miring karena kemasukan air. Saat itu awak kapal sumpat menyedot air di dalam kapal menggunakan dua mesim pompa, namun mesin tidak mampu. Air terus masuk ke dalam kapal feri.

BACA JUGA : Hujan Mulai Melanda Wilayah Ambon dan Sekitarnya

Akibat kecelakaan ini, nahkoda KMP Terubuk terpaksa mengalihkan pelayaran. Kapal terpaksa dikandaskan di jalur pantai sekitar 20 meter dari Pelabuhan Waipirit. Seluruh penumpang kemudian dievakuasi unsur SAR di Kabupaten SBB dengan menggunakan perahu karet tanpa mesin ke Pelabuhan Waipirit. Proses evakuasi dramatis karena berlangsung pada malam harı ditengah gelombang tinggi dan angin kencang disertai hujan.

Kapolres SBB AKBP Bayu Farida Butar Butar memimpin langsung proses evakuasi penumpang KMP Terubuk itu. Seluruh penumpang menggunakan jaket pelampung. “Seluruh penumpang berhasil dievakuasi ke darat dan dalam keadaan selamet,” kata Bayu.

Manager Usaha ASDP Cabang Ambon Abdillah mengatakan saat ini seluruh penumpang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Pihak ASDP juga memfasilitas kebutuhan penumpang, seperti pemberiaan makanan dan tempat menginap di Kabupaten SBB.

Abdillah menyebutkan penumpang KMP Terubuk yakni, pejalan kaki berjumlah 37 orang, penumpang yang menggunakan kendaraan roda dua 19 orang, penumpang mobil pribadi tujuh orang dan penumpang mobil barang dua orang serta penumpang mobil truk lima orang. (ADI)