Dikukuhkan Jadi Bunda PAUD Maluku, Begini Pesan Widya

by
Gubernur Maluku Murad Ismail saat mengukuhkan Ny Widya Murad Ismail sebagai Bunda PAUD Maluku, Rabu (21/8/2019). FOTO : HUMAS PEMPROV MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku yang juga istri Gubernur Maluku, Widya Murad Ismail, menegaskan, usia dini merupakan usia emas bagi seorang anak.

Karena itu, asupan nutrisi dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Demikian ditegaskan oleh Widya saat dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Provinsi Maluku  oleh Gubernur di Swiss-belhotel Ambon, Rabu (21/8/2019).

Istri Gubernur Maluku dan Istri Wakil Gubernur bersama anak-anak usia dini saat pengukuhan Bunda PAUD Maluku

Ia menegaskan, para orang tua harus memandang PAUD sebagai pendidikan utama dan harus diberikan kepada setiap anak dengan sungguh-sungguh. Sebab pada periode emas anak ini, diperlukan rangsangan yang optimal. Mulai dari pemberian nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan fisik, hingga mengikutsertakan anak dalam PAUD.

“PAUD adalah salah satu wadah bermain dan belajar anak-anak kita. Di PAUD, anak-anak akan di didik mengeluarkan potensi dan kreativitasnya melalui program bermain sambil belajar,” tegasnya.

Menurutnya, lembaga PAUD harus lebih kreatif agar membuat anak merasa nyaman dan aman ketika mengikuti proses belajar dan bermain. “Bila kita merubah wajah lembaga PAUD seperti taman yang indah dan menyenangkan. Maka, orang tua akan terbantukan untuk menyelamatkan usia emas putra-putrinya,” katanya mengingatkan.

Dirinya mengajak semua pihak agar dapat bergandengan tangan menuntaskan tantangan layanan PAUD di Maluku.

“Saya mengajak Bunda PAUD se-kabupaten dan kota di Maluku beserta seluruh stakeholder untuk bergandengan tangan menyelesaikan tantangan layanan PAUD di Maluku. Selaku Bunda PAUD, saya tidak bisa kerja sendiri. Saya butuh dukungan dan support dari seluruh Bunda PAUD di kabupaten kota agar bersama-sama menjadikan anak-anak di Maluku menjadi generasi yang cerdas berkarakter,” harapnya.

loading...

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail saat memberikan sambutan mengatakan, PAUD merupakan upaya pembinaan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani agar anak-anak memiliki kesiapan saat memasuki pendidikan lebih lanjut.

“Dulu kita tidak pernah mengikuti PAUD. Tetapi sekarang kita diberi tanggungjawab untuk mengembangkan PAUD. Karena itu, saya minta kepada Bunda PAUD Provinsi Maluku agar terus meningkatkan komunikasi dengan Bunda PAUD di kabupaten dan kota agar pembinaan terhadap lembaga PAUD makin maksimal,” katanya.

Mantan Dankor Brimob Polri itu menegaskan, pengembangan PAUD merupakan bagian dari dukungan terhadap Program Pembangunan Presiden Jokowi yang bertemakan SDM Unggul Indonesia Maju. Menurut Murad, dukungan terhadap pengembangan PAUD di Maluku harus segera dilakukan. Dirinya siap membantu bila ada kebutuhan yang bersifat utama dan penting untuk segera direalisasikan.

“Mari kita sama-sama dukung program Pak Jokowi yaitu SDM Unggul Indonesia Maju. Kapan lagi kita mau bergerak kalau bukan sekarang. Saya dukung apapun, saya siap untuk itu,” katanya.

Kegiatan pengukuhan Bunda PAUD Provinsi Maluku ini dirangkai dengan kegiatan penguatan pendampingan Bunda PAUD tahun 2019. Kegiatan ini melibatkan Bunda PAUD se-kabupaten dan kota di Provinsi Maluku, juga dihadiri Walikota Ambon Richard Louhenapessy, serta pimpinan OPD di lingkup Pemprov Maluku. (ADV)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *