Dikunjungi Dubes, Gubernur Minta Jepang Tingkatkan Investasi di Maluku

by

AMBON – Gubernur Maluku  Said Assagaff, menerima kunjungan kerja Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia,  Yasuaki Tanizaki  di ruangan kerjanya, Selasa (12/4). Dubes Jepang berkunjung ke Maluku untuk mendapatkan informasi lebih banyak soal potensi sumber daya alam di daerah ini.

Siaran pers Humas Pemprov Maluku yang diterima Terasmaluku.com, menyebutkan  dalam pertemuan itu  gubernur  menjelaskan kondisi keamanan   di  Maluku kepada Dubes Jepang. Ia menyatakan, Maluku saat ini sudah makin aman, khususnya di Kota Ambon.

“Daerah kami saat ini merupakan daerag paling aman. Terutama di Kota Ambon, tidak ada begal,copet serta perampokan dan orang Maluku sangat menghargai tamu,” kata gubernur dalam siaran pers itu.
Untuk itu gubernur  minta  agar perusahan-perusahan Jepang dapat berinvestasi di Maluku.  Karena menururnya,  Maluku memiliki kekayaan alam yang luar biasa.  Yakni, tambang ,perikanan, pariwisata dan di Maluku juga telah ditemukan beberapa blok minyak dan gas. Dan yang akan  dikelolah adalah Blok Masela  oleh perusahan Jepang asal  INPEX.

Terkait  pengelolaan Blok Masela oleh INPEX, gubernur  berharap agar  perusahan itu dapat menyekolahkan anak-anak Maluku, dalam rangka peningkatan sumber daya manusia Maluku, sehingga tenaga mereka dipakai  saat  pengelolaan  Blok Masela. Gubernur berharap tidak hanya INPEX, tapi juga perusahan Jepang lainnya agar berinvestasi di Maluku dalam berbagai bidang, sehingga dapat membuka peluang kerja warganya.

“Dalam pertemuan itu, Dubes Jepang sangat mengapresiasi kinerja Gubernur Maluku dalam memperjuangkan  pengelolaan Blok Masela di Darat (onshore) sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat Maluku,” demikian isi siaran pers Humas itu. Dalam pertemuan itu, gubernur  didampingi  sejumlah stafnya. Yakni, staf ahli gubernur bidang pemerintahan, Kepala Bagian Investasi Biro Ekonomi Investasi Setda Maluku. (ADI)