Dinas Koperasi Maluku Siap Kuncurkan Dana Bergulir ke Koperasi

by
Augsteint Sahertian

TERASMALUKU.COM,-AMBON-DinasKoperasi Usaha Mikro Kecil Dan Menegah (UMKM) Provinsi Maluku Tahun 2018 ini  siap mengguncurkan dana bergulir sebesar Rp  1,7 miliar  bagi koperasi di sebelas kabupaten/ kota di Maluku.

“Dana bergulir tahun ini lebih besar dibandingkan dengan tahun 2017 yang hanya 1,6 miliar rupiah. Kenapa sampai saya nekat untuk mengeluarkan dana sebesar itu sebab penagihan di lapangan sangat berjalan baik,” ungkap Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Dana Bergulir (PDB) UMKM Dinas Koperasi  Maluku Augsteint Sahertian kepada Terasmaluku.com, Kamis (8/3).

Loading…

Sahertian mengatakan, bagi koperasi yang belum memasukan proposal maka secepat dilakukan karena pendaftaran ini bagi semua koperasi yang ada di sebelas kabupaten/kota di Maluku. Menurut Sahertian, saat ini ada 10 koperasi yang memasukan  proposal  namun  yang baru terverifikasi tujuh proposal. Dan dari tujuh proposal hanya tiga proposal yang terealisasi, dua dari Kabupaten Maluku Tenggara dan satu dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

“Proposal yang terealisasi baru tiga koperasi itu dari Kabupaten Maluku Tenggara dan SBB. Koperasi ini  yang akan disurvei oleh tim pasalnya ketiga koperasi ini secara administrasi telah lolos karena miliki izin lengkap seperti SITU, SIUP, PDP kemudian telah kantongi umur usahannya dua tahun dan isi dari proposal sesuai yang dibutuhkan,”katanya.

Sahertian mengungkapkan,  pihaknya akan memberikan dana hanya sebesar Rp  200 juta bagi koperasi tersebut dan dana Rp  1,7 miliar ini harus dihabiskan sesui target. “Kalau belum dihabiskan, maka kami akan membuka kesempatan bagi koperasi lain untuk memasukan proposal hingga dapat tercukupi,” katanya.  (UAD)