Dinas Pendidikan Ajak Tim Covid 19 SBT Gelar Baukup di Pantai Gumumae

by
PLT Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten SBT, Sidik Rumalowak saat memberikan keterangan pers, Kamis (26/3/2020). FOTO : SOFYAN KASTELA

TERASMALUKU.COM,-BULA- Untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid 19, Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mengajak Tim Gugus Covid 19 SBT menggelar “Baukup” di lokasi wisata Pantai Gumumae Kota Bula, Senin (30/3/2020) mendatang.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dikbudpora Kabupaten SBT Sidik Rumalowak menjelaskan metode Baukup adalah salah satu cara pengobatan tradisional yang dilakukan mencegah wabah virus Corona yang begitu cepat penularannya.

Untuk kesiapan kegiatan Baukup bersama ini, Rumalowak menggelar pertemuan bersama Kepala SD hingga SMP se Kecamatan Bula Kabupaten SBB pada Sabtu (28/3/2020). Menurut Rumalowak untuk mencegah penyebaran virus corona, peserta Baukup ini tetap menjalankan social distance, terutama menjaga jarak satu meter sesuai anjuran pemerintah.

“Kami sudah menggelar rapat bersama kepala SD,  SMP  se Kecamatan Bula dalam rangka kesiapan acara Baukup yang berlangsung di Pantai Wisata Gumumae. Kegiatan ini rencananya dibuka oleh Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas,” kata Rumalowak.

Loading...

Menurut Rumalowak, Baukup adalah program kearifan lokal yang harus dilakukan sebagai contoh agar diikuti para guru dan siswa, bahkan masyarakat umum di rumah masing-masing. Baukup adalah pengobatan tradisional yang ampuh dan berkhasiat tinggi. Metode Baukup ini sudah dikenal sejak zaman sebelumnya, bahkan menjadi tradisi turun temurun di leluhur orang Seram.

Ia mengatakan metode Baukup ini selalu dipraktekkan setiap hari oleh Bupati SBT di rumah Dinas  Bupati, dan itu banyak manfaatnya. Rumalowak mengatakan selain menyembuhkan berbagai penyakit, baukup juga membantu melancarkan peredaran darah, sekaligus mengeluarkan berbagai racun yang ada dalam tubuh melalui keringat.

“Saya  yakin melalui kegiatan Baukup ini bisa mencegah wabah Virus Corona bahkan menyembuhkan semua virus dan racun-racun dalam tubuh keluar terbuang bersama keringat,” kata Rumalowak. (SOFTAN KASTELA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *