Dinkes Alihkan Pos Kesehatan Pengungsi ke Puskesmas

by

TERASMALUKU,COM,AMBON,-Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, dr. Wendy Pelupessy menyatakan, pihaknya tidak lagi membuka pelayanan kesehatan di posko pengungsian yang ada di Kota Ambon. Dinkes mengalihkan layanan kesehatan ke Puskesmas terdekat tempat pengungsian.

“Kita tidak buka Posko kesehatan di tempat pengungsian lagi. Semua difokuskan di Puskesmas, karena yang banyak sekarang pengunjung di Puskesmas yang harus didahulukan,” kata Wendy kepada wartawan di Ambon, Rabu (9/10/2019).

Dia mengatakan bila ada pengungsi yang masih membutuhkan pelayanan medis, pasti petugas akan mobile ke sana untuk memberikan pelayanan.”Nanti kalau di Posko pengungsian ada kasus emergency baru kita mobile. Seperti Puskesmas keliling saja,” kata Wendy.

Wendy mengatakan, para pengungsi lebih memilih untuk berobat di Puskesmas terdekat dibandingkan berobat di posko kesehatan yang berada di pengungsian.

“Jadi kita tetap pelayanan kepada mereka. Dan dari data pelayanan semakin sedikit orang yang berobat di posko, Kemarin saja hanya 17 orang, tapi sebagian besar berobat di Puskesmas,” ujarnya.

loading...

Untuk penyakit, kata dia, progresnya semakin menurun. Penyakit yang disebabkan seperti gatal-gatal dan hipertensi semakin menurun karena kondisi saat ini semakin membaik.

Namun, Wendy juga mengatakan, dengan kondisi pancaroba seperti saat ini terdapat kenaikan pada kasus penyakit ISPA dan biasnya yang terkena penyakit ini adalah anak-anak maupun remaja.

“Walaupun ada pengungsi ataupun tidak penyakit ISPA masih menduduki 10 besar penyakit terbanyak,” katanya. (ALFIAN SANUSI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *