Dinkes Ambon Kampanye Kawasan Tanpa Rokok

by

AMBON- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon menggelar kampanye kawasan tanpa rokok yang digelar di Taman Budaya Karang Panjang Ambon Rabu (14/12). Kampanye ini dilakukan kepada para pelajar yang menjadi duta anti rokok se Kota Ambon. Sekretaris Kota (Sekot) Ambon A.G Latuheru dalam sambutannya, mengatakan epidemi tembakau dan kecenderungannya di Indonesia telah berada pada tahap yang mengkhawatirkan.
“Dua dari tiga laki-laki dewasa adalah perokok dan perokok perempuan meningkat dari 1,3 persen tahun 2001 menjadi 6,7 persen tahun 2013” kata Latuheru. Ia menyatakan, trend peningkatan karbin adiksi rokok ditandai dengan meningkatnya perokok pemula remaja berusia 10-14 tahun dari 1,9 juta menjadi 3,9 juta.
Olehnya itu, menurut Latuheru, tujuan kampanye kawasan tanpa rokok ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi seluruh masyarakat terutama generasi muda yang terpilih saat ini sebagai duta anti rokok se-kota Ambon, agar tanggap terhadap epidemi tembakau yang berdampak pada kualitas SDM dan pembiayaan kesehatan.
“Kontribusi Pemkot Ambon adalah mencari solusi pada akar masalah dengan membuat Peraturan Walikota Ambon Nomor 27 tahun 2015 tentang kawasan tanpa rokok dan mengkampanyekan kawasan tanpa rokok pada lingkungan Pemkot Ambon, pelayanan kesehatan, dan pendidikan” ujarnya. Ia menambahkan, tantangan yang nanti akan dihadapi adalah peran serta masyarakat dalam penegakan kawasan tanpa rokok. (IAN)