Dinkes Bursel Bahas Pokjanal Posyandu

by
Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Alfario Soumokil membuka kegiatan Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu di daerah, Rabu (29/08) berlangsung di Aula Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Bursel.

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE–Memperkuat peningkatan kesejahteraan masyarakat dibidang layanan sosial dasar, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Bahas Pokjanal Posyandu di daerah. Pembahasan ini berlangsung, Rabu (29/8/2018) di Aula Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana tersebut, di buka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Bursel, Alfario Soumokil.

Soumokil saat membacakan sambutan Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulissa mengungkapkan, pertemuan ini sangat penting dan strategis, dalam perumusan kebijakan maupun teknis operasional yang berkaitan dengan kelembagaan Pokjanal Posyandu, serta penyesuaian terhadap perubahan perundang-undangan dan system pemerintahan yang berlaku untuk melakukan pelayanan di daerah terhadap pelayanan kesehatan dasar, pendidikan dan ekonomi.

Disamping itu juga kata Soumokil, pemeliharaan dan perawatan kesejahteraan ibu dan anak secara dini dapat dilakukan melalui program Posyandu. Contoh Kasus untuk mengatasi masalah anak gagal tumbuh (Stunting) tidak hanya dari sisi situasi atau makanan yang diberikan kepada Balita tetapi perlu juga menciptakan lingkungan yang sehat dengan dukungan Sanitasi yang baik guna meningkatkan status Gizi serta mendorong penurunan Stunting di Kabupaten Bursel.

Loading...

Menurut Soumokil Posyandu merupakan wahana pelayanan dari berbagai program, maka penyelenggaraan Posyandu perlu menyertakan aspek pemberdayaan masyarakat secara konsisten.
“Pokjanal Posyandu di Provinsi sebagai unsur Pembina diharapkan lebih aktif berperan dalam rangka revitalisasi fungsi Posyandu sehingga dapat meningkatkan motivasi bagi masyarakat yang ada di Kabupaten bertajuk Lolik Lalen Fedak Fena ini, Katanya.

Ia menyampaikan, kegiatan Posyandu sebagai pusat pelayanan dan pusat kegiatan masyarakat tidak terlepas dari peran serta masyarakat, petugas kesehatan serta sektor-sektor lain yang terkait dalam membantu melayani keluhan-keluhan masyarakat di lingkungannya.

Menutup sambutannya, dirinya berharap dengan dilakukannya kegiatan rapat Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu tahun 2018 dapat meningkatkan mutu pelayanan dasar masyarakat melalui program-program yang berdaya guna dengan pendekatan akses layanan dan pelayananan sosial dasar masyarakat yang sesuai dengan kebutuhannya,” tutup Soumokil. (FIK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *