Dinkes Target 70 Persen Nakes Terima Vaksin Lantaran Kendala Geografis

by
Sumber: Sindonews.com

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Letak geografis Maluku menjadi salah satu kendala kelancaran vaksinasi covid-19.

Dinas kesehatan provinsi Maluku menargetkan 70 persen tenaga kesehatannya menerima vaksinasi tersebut. Hanya saja Kadinkes Maluku, dr. Meikyal Pontoh mengakui program vaksin ini bisa tidak berjaln mulus.

“Terkendala akses transportasi, fasilitas kesehatan di daerah-daerah juga banyak tidak memungkinkan untuk jadi lokasi vaksinasi. Seperti tidak tersedianya jarinhan listrik dan fasilitas penunjang lainnya,” jelas Pontoh.

Pihaknya berharap program vaksinasi ini berjalan 100 persen. Namun target itu luruh menjadi 70 persen mengingat perhitungan letak geografis di Maluku.

Salah satu strategi yang dipakai yakni dengan membangun posko vaksinasi di pulau-pulau terpencil dan terluar untuk menjangkau tenaga medis di wilayah itu.

Selain itu dinas kesehatan di beberapa daerah di Maluku juga telah mengambil kebijakan untuk menentukan lokasi vaksinasi yang diharapkan dapat menjangkau tenaga medis di pulau-pulau terluar. “Jadi nanti mereka (naskes) datang ke titik kumpul yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Untuk tahap pertama pihaknya menyasar nakes di wilayah-wilayah terjangkau lebih dulu. nantinya mereka yang belum mendapat vaksinasi tahap pertama akan dilanjutkan ke tahap kedua.

“Soal nakes di pulau terluar tadi kan saya bilang target kita 70 persen kita maksimalkan dulu nakes yang bisa dijangkau di daerah kabupaten yang dekat-dekat yang bisa dijangkau kita sisir itu dulu ,”katanya. (PRISKA BIRAHY)