Diprediksi Jadi Kluster Baru Covid-19, Libur Natal Harus Utamakan Protokol Kesehatan

by
Petugas melakukan pemeriksaan dokumen di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon. FOTO : SATGAS COVID-19 KOTA AMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Merayakan sukacita Natal berkumpul bersama keluarga telah menjadi sebuah tradisi yang berulang setiap tahunnya.

Bedanya perayaan Natal di tahun 2020 ditengah pandemi covid-19 berkumpul dengan keluarga menjadi kekhawatiran tersendiri.

Loading…

Spesialis Patalogi Klinik, dr Frensca Pattiasina Sp.PK bahkan memprediksi, angka penularan covid-19 akan bertambah usai Natal dan libur akhir pekan.

Semua itu bisa terjadi bila saat berkumpul, protokol kesehatan 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) tidak diterapkan dengan baik. Bahkan hasil rapid tes antigen non-reaktif tidak menjadi jaminan bebas covid-19.

“Natal kan banyak yang pulang ke Ambon merayakan Natal dengan keluarga. Meskipun sudah rapid antigen itu bukan jaminan. Bisa saja di perjalanan mereka sudah ada gejala lalu jadi pembawa virus. Itu malah lebih membahayakan,” jelasnya melalui telepon, Jumat (25/12/2020).

Dokter Frensca mengingatkan, dimanapun dan kapanpun protokol kesehatan harus diterapkan dengan baik. Sekalipun sudah dilakukan vaksinasi masal. Gaya hidup 3M tidak dapat dilepaspisahkan.

“Kan belum ada jaminan ya. Sekalipun sudah vaksin tetap intinya 3M harus menjadi prioritas. Karena gaya hidup kita sudah berubah,” tuturnya. (RED)