Disdukcapil Ambon Jamin Data Aman, Senin Baru Perekaman E-KTP

Disdukcapil Ambon Jamin Data Aman, Senin Baru Perekaman E-KTP

SHARE
Ruangan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon yang dibobol maling, Kamis (5/7/2018). FOTO : FRISKA BIRAHY (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Usai kejadian pencurian di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon, sepanjang Jumat (6/7/2018) aktifitas pelayanan berjalan lancar. Hanya untuk sementara perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) ditunda hingga Senin (10/7/2018) depan.

Dua unit komputer yang digondol maling pada Kamis (5/7/2018) subuh itu berisi seluruh data perekaman E-KTP warga Ambon. Beruntung data lebih dulu dibackup oleh pihak Disdukcapil Kota Ambon.

Pelaksana Harian Disdukcapil Kota Ambon Rita Pattiwael membenarkan jika aktifitas perekaman untuk sementara ditiadakan. “Kemungkinan Senin depan baru mulai rekam,” jelasnya saat ditemui di Kantor Disdukcapil Belakang Soya Ambon, Jumat siang. Pencuri dua unit komputer di ruang perekeman itu masuk melalui jendela yang ada di ruangan tersebut.

Dari keterangan petugas bekas congkel pada jendela berukuran kecil dan diperkirakan menggunakan obeng. Pihak Disdukcapil telah menutup sementara jendela dengan selembar triplek. Aktifitas di ruang tersebut pun ditiadakan. Namun Rita memastikan pengurusan administrasi kependudukan yang lain tetap dilayani dan berjalan normal.

Warga juga tampak memadati sejumlah ruangan di Kantor Disdukcapil untuk pengurusan administrasi kependudukan lain. Seperti pengurusan kartu keluarga (KK), Akta kelahiran, Akta nikah dan lainnya. “Semua data ada back up-nya jadi tidak ada masalah,” lanjut Rita.

Untuk memperlancar pelayanan, pihaknya tengah melakukan pengajuan penambahan dua unit komputer untuk perekaman e-KTP. Pengamanan kantor pun akan ditambah dengan penempatan satpol PP atau petugas keamanan lain. Namun Rita mengaku hal itu masih akan dikoordinasikan dengan dinas terkait.(BIR)

loading...