Dishub Ambon Razia Kelayakan Operasi Kendaraan

by
Petugas Dishub Kota Ambon menghentikan kendaraan untuk memeriksa kelayakan beroperasi dalam razia Selasa (11/7). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON– Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon merazia kendaraan angkutan kota (Angkot) dan angkutan barang di kawasan Jalan dr. Sitanala Talake   Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Selasa (11/7). Razia tersebut dilakukan untuk memeriksa kelayakan beroperasi kendaraan agar mengurangi kecelakaan di jalan raya.

Petugas memeriksa kondisi kendaraan dengan sistem komputerisasi.  Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Piet Saimima mengatakan, Dishub dalam melakukan penataan transportasi yang diutamakan adalah keselamatan para pengemudi  maupun penumpangnya.

Loading…

“Jadi kita lakukan razia  ini untuk menjamin kendaraan yang sedang beroperasi itu layak atau tidak terhadap keselamatan penumpangnya,” kata Saimima. Ia mengungkapkan, razia untuk kendaraan penumpang dan barang ini akan berlangsung selama 20 hari di beberapa titik yang berbeda di Kota Ambon.

“Kita razia itu tiba-tiba, tidak boleh bilang kapan razia itu berlangsung. Sebab kalau diketahui pengendara mereka akan menghindar dari razia yang ada,” ujar Saimima. Ia menyatakan, Dishub Kota Ambon harus melakukan razia kelayakan kendaraan karena Dihub telah memiliki kelengkapan pemeriksaan yang canggih dengan menggunakan metode komputerisasi.

Sehingga seluruh mobil kendaraan angkutan orang dan angkutan barang harus melalui tes. “Saat ini kita tidak lagi mengenakan uji manual, tetapi sudah dengan uji komputerisasi untuk seluruh kendaraan,” katanya.

Ia mengakui, masih banyak kendaraan yang tidak layak untuk beroperasi, sehingga razia kendaraan ini harus gencar dilakukan. “Kami tidak akan memberikan ruang sedikitpun terhadap kendaraan yang tidak layak untuk beroperasi di Kota Ambon ini,” tegasnya.  Selama razia berlangsung, tidak ada angkot dan angkutan barang yang terjaring razia. (IAN)