Dishub Jadwalkan Kapal Pengganti Tujuan Romang Ada Minggu Depan

by
Yana Tanasale, Kabid Kelautan dishub provinsi Maluku pastikan dalam waktu dekat ada kapal pengganti, yaitu KM. Sabuk Nusantara 71 yang akan singgah di Romang. FOTO: Koiman

TERASMALUKU.COM  –  Tuntutan pengunjuk rasa terkait kekosongan kapal ke Kecamatan Kepulauan Romang Kabupaten Maluku Barat Daya segera mendapat respon pemerintah. Dinas Perhubungan Provinsi Maluku membantah jika hanya ada satu kapal yang melayani rute Ambon – Romang.

Yana Tanasale Kepala Bidang Kelautan dishub Provinsi Maluku membantah jika hanya ada KM. Sabuk Nusantara 48. “Selama ini kapal yang dioperasikan PELNI memang tidak ada pengganti, tapi kalau tidak ada kapal sama sekali itu tidak benar,” katanya membantah usai pengunjuk rasa menyampaikan aspirasinya (25/2).

loading...

Dia merinci, sejak Agustus KM. Sabuk Nusantara 48 yang merupakan kapal PT. PELNI itu masuk masa docking. Namun ada tiga kapal lain yang masih beroperasi. Yakni KM. Lintas Timur dari pangkalan Ambon, KM. Timoti pangkalan kota Tual dan KM. Wetar dari pangkalan Saumlaki. Selama ini lanjut dia, kapal yang dioperasikan oleh PT. PELNI tidak ada kapal pengganti. Namun bukan berarti tidak ada kapal sama sekali yang singgah di sana.

Saat ditanya terkait masa docking yang lama Yana beralasan jika keputusan operasional ada di pusat. “kita di daerah tidak bisa buat keputusan, domainnya pusat. Mungkin posisinya pada saat itu waktu kontrak jatuh Agustus jadi dilelangkan,” jelas dia.

Saat ini, pemerintah tengah menyiapkan kapal pengganti yaitu KM. Sabuk Nusantara 71 yang saat ini sementara berada di galangan Kota Semarang. “Kami siapkan. Minggu depan tiba di Ambon biar dipercepat,” tandasnya. (PRISKA BIRAHY)

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *