Dishub Kota Ambon Bakal Bikin Zebra Cross Serupa Tuts Piano

by
Salah satu zebra cross di perempatan titik 0 kilometer bakal diubah serupa tuts piano. FOTO: ADI

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Markah jalan di Kota Ambon sebentar lagi bakal makin ‘meriah’. Zebra cross dalam kota rencananya akan dibuat serupa dengan tuts piano. Ide itu muncul dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon.

Pada 2016 di Tirana Ibu Kota Albania pemerintah setempat membuat jalur penyeberangan bagi pejalan kaki layaknya tuts piano. Jalur tersebut pun mengundang banyak perhatian warga serta jadi ikon. Nah, hal serupa juga akan diterapkan di Ambon.

Namun kali ini bukan sekadar untuk menarik perhatian. Pihak Dishub mengaku, cara itu untuk mempercantik juga sebagai bentuk dukungan bagi pemerintah dalam pencanangan Ambon Kota Musik Dunia.

“Jadi kapan hari dipanggil tiap instansi. Nah, dari kami (Dishub) bikin model begini. Belum ada di Indonesia,” ujar Robby yang ditemui di ruangnnya, Jumat (15/2/2019). Pemkot yang tengah berupaya agar Ambon menyabet gelar kota musik pun telah melakukan banyak hal untuk mendukungnnya. Dishub, salah satu instansi pemerintah yang kini sementara merancang perubahan wajah jalur penyeberangan orang jadi makin atraktif.

Sebelumnya Robby beserta tim juga telah memasang lagu yang diperdengarkan melalui pengeras suara di lampu merah. cara-cara itu memang amat menarik perhatian warga. Tapi dia berharap hal itu juga dapat memberi dampak positif. “Kalau jadi bagus dan beda, orang pasti tertarik.

Harapannya mereka urung untuk melanggar markah yang sudah dipasang,” jelas dia. Menurut Robby pengerjaan dimulai pada pertengahn tahun. Yakni dengan mengganti zebra cross yang ada di pusat kota. Kita tunggu inovasi selanjutnya. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *