Dispar Buru Gelar Pelatihan Bagi Pemandu Wisata Selam

by
Dinas Pariwisata Kabupaten Buru menggelar pelatihan bagi pemandu wisata selam dan managemen homestay di Jikumerasa Resort Kabupaten Buru, Selasa (27/10/2020). FOTO : DISPAR KABUPATEN BURU

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA-Dinas Pariwisata Kabupaten Buru menggelar pelatihan bagi pemandu wisata alam (selam) dan managemen homestay atau pondok wisata tahun anggaran 2020. Pelatihan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Buru, Ilyas Hamid di Jikumerasa Resort Kabupaten Buru, Selasa (27/10/2020).

Pelatihan yang akan berlangsung hingga Minggu (1/11/2020) ini menghadirkan perwakilan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Maluku, Pieter CH. Manihin sebagai narasumber.

Bupati Buru Ramli Umasugy dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Buru Ilyas Hamas ini mengatakan, pariwisata merupakan salah satu pilar utama penopang kemajuan pembangunan Kabupaten Buru. Sehingga pembangunan sektor pariwisata menjadi salah satu prioritas pembangunan selain sektor pertanian.

Sehingga menurut Bupati, program-program pelatihan dalam meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku pariwisata menjadi salah satu kegiatan strategis yang harus ditingkatkan sebagai upaya pendukung percepatan pembangunan pariwisata di Kabupaten Buru.

“Pelatihan ini penting dilakukan, sebab pemandu wisata merupakan ujung tombak industri pariwisata. Ia seperti kompas yang mengarahkan para wisatawan saat melakukan wisata ke suatu tempat,”ujar Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda.

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan aktivitas dalam pengembangan kepariwisataan, khususnya wisata selam agar menjadi aktivitas wisata yang digemari. Terutama menikmati pemandangan bawah laut yang dangkal dan wisata olahraga penyelaman di Kabupaten Buru.

Loading...

Baik dari sisi kompetensi maupun performancenya sehingga meningkatkan kualitas pelayanan yang handal dalam pengembangan kepariwisataan, menghasilkan tenaga terampil di bidang pemanduan wisata yaitu aktivitas wisata selam.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang profesional untuk meningkatkan daya saing dan daya tarik destinasi. Seperti diketahui, bahwa Kabupaten Kabupaten Buru memiliki jenis obyek-obyek wisata yang potensial untuk terus dikembangkan, dan jika dikelola secara professional, pasti membawa hasil yang lebih baik dan kita harapkan mampu meningkatkan sumber pendapatan masyarakat sekitar destinasi serta meningkatkan Pendapatan Daerah,”kata Bupati.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada Dispar Kabupaten Buru yang telah melakukan terobosan melalui pemberian pelatihan dimaksud sehingga diharapkan terobosan ini menjadi gerbang pengembangan wisata di Kabupaten Buru.

Kepala Dispar Kabupaten Buru Istanto Setyahadi mengatakan pelatihan ini dilakukan secara rutin tiap tahunnya untuk peningkatan kualitas pelayanan terhadap usaha-usaha jasa pariwisata di Kabupaten Buru.

“Dengan pelatihan ini agar pemandu wisata selam dari Kabupaten Buru mendapat lisensi sebagai penyelam, agar mereka makin profesional dan dapat berkontribusi bersama Pemda untuk pengembangan sektor pariwisata,” kata Istanto. (RUZADY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *