Disperindag Ajukan Permohonan Pemasangan Instalasi Listrik Pasar Apung

by
Kepala Dinas Indag, John Slarmanat upayakan koordinasi dengan PLN untuk instalasi listrik di Kios Pasar Apung, (15/7). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Kondisi Pasar Apung yang belum kondusif untuk berjualan menuntut pedagang harus kerja ekstra. Dinas Indag Kota Ambon berjanji membantu pembenahan kios, salah satunya menyediakan instalasi listrik.

Saat ini kondisi kios Pasar Apung gelap gulita. Hanya ada beberapa penerangan di lorong-lorong utama. Sementara pada tiap kios tidak memiliki lampu bahkan instalasi sama sekali.

Dalam beberapa kali wawancara pedagang tampak bingung juga kesal dengan kondisi ini. mereka harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Bahkan mereka berinisiatif untuk patungan memasang instalasi listrik.

Di lain sisi pemkot telah menyanggupi untuk membantu pedagang dalam membenahi kios saat rapat bersama Komisi II DPRD Kota Ambon. Namun toh hingga saat ini semua perbaikan digarap swadaya oleh pedaang.

Kepala Dinas Indag, John Slarmanat kepada sejumlah awak media memberikan tanggapan bahwa kondisi tersebut wajar. Ada sejumlah pembenahan di kios mengingat pembangunannya sudah rampung hampir satu tahun.

“Secara fisik (rusak) mungkin kiosnya seperti yang di lapangan. karena katong tahu persis kios yang dibangun itu kan satu tahun jadi dalam kurun waktu lama pasti banyak pembenahan,” aku John kepada awak media di Unit Layanan Administrasi (ULA), Pemkot Ambon, Kamis (15/7/2021).

John tidak menampik kondisi buruk kios setelah hampir satu tahun kosong. Meski begitu pihaknya sementara berkoordinasi dengan PLN untuk membantu pedagang mengadakan instalasi listrik.

“Kita ajukan permohonan ke PLN untuk memasukan instalasi listrik. Jadi dalam waktu dekat kios yang sudah ada bisa ditempati,” lanjut John.

Dia menjelaskan kondisi ini tidak akan berlangsung lama. Pasar Apung diperuntukkan untuk menampug pedagang sementara waktu hingga revitalisasi rampung.

“Pemerintah pada prinsipnya tetap membantu mengakomodir dan mencari solusi untuk itu asal tidak bertabrakan aturan,” katanya. (PRISKA BIRAHY)