Disperindag Maluku Gelar Pasar Murah Lebaran

by
Warga Kota Ambon antri membeli bahan kebutuhan pokok di pasar murah lebaran yang digelar di halaman Kantor Disperindag Maluku Selasa (13/6). FOTO : IAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)  Provinsi Maluku menggelar pasar murah menyambut Hari Raya Idul Fitri atau  Lebaran 1438 Hijiriah. Pasar murah ini dibuka Asisten II Bidang Kesejahteraan Sosial dan Administrasi Setda Maluku, Maritje Lopulalan,  di halaman Kantor Disperindag Maluku Jalan AM. Sangadji Ambon pada  Selasa (13/6) dan akan berakhir Jumat (16/6).

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Maluku Elvis Pattiselanno mengatakan, pasar murah ini  digelar untuk menekan kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran menjelang lebaran. “Pasar murah untuk memudahkan masyarakat Maluku khususnya Umat Muslim memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau menyambut  Hari Raya Idul Fitri nanti,” katanya.

Elvis menyatakan, ada tiga program strategis yang dijalankan yaitu, terpenuhi kebutuhan dasar manusia dengan meningkatkan produksi pangan lokal, penguatan peningkatan ekonomi daerah serta pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan secara optimal potensi lokal, dan peningkatan peran sektor swasta dan penyediaan modal usaha yang didukung oleh pemerintah daerah.

“Kita punya tujuan buat pasar murah ini untuk berikan kesempatan kepada para pengusaha dan distributor agar berpartisipasi dalam membantu Pemprov Maluku  dengan menjual kebutuhan pokok kepada  masyarakat dengan harga yang terjangkau,” katanya. Ia menyebutkan, ada 11 distributor bahan kebutuhan pokok  dan Dolog Drive Maluku yang berpartisipasi dalam pasar murah ini.

Komoditi yang dijual di pasar murah ini diantaranya,    telur ayam, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, susu kental manis, mie instan, mentega, beras dan kebutuhan pokok lainnya. Harga yang dijual di pasar murah ini dibawah harga distributor atau dengan perbedaan hingga 10 persen dari harga di pasar tradisional.

Pantauan Terasmaluku.com, begitu pasar murah ini dibuka, ratusan warga antri membeli berbagai bahan kebutuhan pokok.Salah satu komoditi yang diburu warga adalah telur ayam yang dijual perbutir Rp. 1.000, sementara harga di pasar perbutirnya Rp 1.700.(IAN)