Disperindag Pastikan Stok Sembako Aman Selama Ramadhan

by

AMBON-DINAS Perindustrian dan  Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon memastikan stok sembilan bahan kebutuhan  pokok (Sembako) untuk masyarakat di Kota Ambon  aman sampai dengan Idul Fitri nanti.

Pihak distributor sudah mempersiapkan bahan-bahan tersebut setiap menjelang hari-hari besar keamanan. Disperindag juga meminta pihak distributor untuk tidak menimbun bahan kebutuhan pokok.

“Kita pastikan bahan pokok untuk masyarakat di Ambon pada saat puasa sampai dengan Idul Fitri dan Idul Adha nanti tetap aman, stok kebutuhan pokok aman,” Kata Kabid Perdagangan Disperindag  Kota Ambon Lorina Silooy kepada wartawan  Jumat (28/4).

Ia menjelaskan, pihaknya telah melakukan pemantauan kepada seluruh distributor bahan pokok yang ada di Kota Ambon. Tidak hanya itu, pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi dengan berbagai instansi terkait untuk mengecek dan  pemantauan  bahan pokok menjelang bulan Ramadhan.

“Kita bersama instansi terkait telah turun untuk mengecek harga dan bahan pokok di seluruh distribusi yang ada di Kota Ambon, sehingga sudah bisa dipastikan stok masih ada,” katanya.  Selain itu, ia menghimbau kepada seluruh distributor di Kota Ambon jangan sampai menimbun bahan-bahan untuk menekan harga di pasar karena itu merupakan sebuah pelanggaran yang akan ditindak tegas.

Karena, lanjut dia, hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden RI Nomor 71 Tahun 2015 tentang penetapan penyimpangan barang kebutuhan pokok dan bahan penting. “Kita akan tindak tegas kepada distributor dan pedagang yang menimbun bahan pokok untuk menekan harga di pasar,” ujarnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan Peraturan Presiden RI itu, pemerintah provinsi maupun kita berkewajiban untuk menjaga stabilitas harga yang ada di daerah masing-masing. (IAN)