Distan Upayakan Bantuan 2.000 Ekor Anak Ayam Rampung Tahun Ini

by
sumber: Arena Hewan

TERASMALUKU.COM, AMBON – Dinas Perternakan melalui program padat karya tengah menyalurkan 2.000 ekor anakan ayam untuk daerah-daerah penyangga inflasi di Maluku. Bantuan tersebut tengah diupayakan rampung tahun ini.

Beberapa daerah yang dimaksud antara lain Pulau Ambon meliputi Kota Ambon dan wilayah Kecamatan Salahutu-Leihitu, SBB dan Buru. Bantuan ini untuk mendukung peningkatan produksi bidang peternakan di tengah pandemi covid-19.

Jumlah anggaran yang disetujui bersama dengan DPRD Maluku akibat terkena refocusing untuk bantuan bibit ayam ini hanya senilai Rp. 620 Juta atau hanya 10 persen dari total nilai Rp. 6 miliar yang diusulkan Distan Maluku.

Loading...

Dikatakan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Diana Padang, saat ini terkait bantuan anakan ayam tersebut masih dalam proses karena anggarannya belum dicairkan seluruhnya oleh Gugus Tugas Covid-19 Maluku.

“Bantuan 2000 ekor anakan ayam kan? Dari sini (Gugus Tugas) saja anggaran belum keluar seluruhnya, kan dari anggaran covid, tadi saja baru panjar awal, jadi masih dalam proses,”tuturnya menjawab awak media saat dikonfirmasi di kantor Gubernur Maluku, Ambon, Kamis (10/9/2020).

Namun, dipastikan, bantuan tersebut harus terealisasikan dalam tahun ini karena anggaran yang digunakan adalah anggaran Tahun 2020. “Harus selesai dalam tahun ini, harus selesai paling lambat Desember kan Tahun Anggaran 2020,”tandasnya. (PRISKA BIRAHY)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *