Ditengah Pandemi Covid-19, Pedagang Pasar Mardika Direlokasi ke Pasar Passo

by
Puluhan pedagang Pasar Mardika mendatangi DPRD Kota Ambon, Selasa (2/6/2020). Mereka menolak direlokasi ke Pasar Passo akibat revitaliasi Pasar Mardika oleh Pemkot Ambon. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon merelokasi pedagang Pasar Mardika ke Pasar Passo Kota Ambon. Kebijakan Pemkot Ambon ini menyusul dimulainya revitalisasi ( proses pembangunan) Pasar Mardika.

Namun kebijakan Pemkot Ambon itu ditentang pedagang Pasar Mardika. Puluhan pedagang Pasar Mardika mendatangi DPRD Kota Ambon, Selasa (2/6/2020), menyampaikan keluhan kepada  wakil rakyat terkait relokasi pedagang ke Pasar Passo.

“Kami datang untuk bertemu dengan anggota DPRD Komisi II untuk menerima keluhan kami terkait dengan revitalisasi Pasar Mardika,” kata Koordinator Pedagang Pasar Mardika Ambon, La Gonsa Ahmad kepada wartawan di Balai Rakyat DPRD Kota Ambon, Selasa (2/6/2020).

Dia menyatakan, sesuai dengan kesepakatan pedagang Pasar Mardika, mereka menolak untuk direlokasi ke Pasar Passo, karena tidak ada sosialisasi dari Pemkot Ambon sebelumnya.”Kami sudah sepakat tidak mau direlokasi di Pasar Passo, makanya kami datang ke DPRD untuk menyampaikan persoalan ini, semoga ada solusinya,” kata La Gonsa.

Loading...

Sebelumnya, kata dia, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Ambon, Pieter Leuwol berjanji untuk tidak merelokasi pedagang dari Pasar Mardika meski dilakukan revitalisasi. “Tidak pernah ada sosialisasi tentang relokasi pedagang dari Pasar Mardika, sehingga kami tetap menolak hal ini,” ujarnya.

La Gonsa  meminta Walikota Ambon Richard Louhenapessy agar mendengar keluhan dari para pedagang kecil itu. “Kami tidak berniat untuk melawan pemerintah, tapi kami minta untuk Walikota mendengarkan jeritan rakyatnya, apalagi di situasi saat ini,” tandasnya.

Anggota Komisi II DPRD Kota Ambon yang menerima perwakilan pedagang berjanji akan memperjuangkan nasib pedagang tersebut agar tidak direlokasi ke Pasar Passo yang jauh dari pusat Kota Ambon itu. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *