Ditpolairud Polda Maluku Gelar Tradisi Pembaretan

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-DIREKTORAT Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Maluku menggelar pembinaan dan tradisi pembaretan selama dua hari, sejak Jumat (18/1/2018) hingga Sabtu (19/1/2019).

Pembinaan dan tradisi pembaretan kepada setiap personel yang baru bergabung dengan kesatuan Ditpolairud, ini diikuti 46 orang anggota. Terdiri dari Perwira Menengah, Perwira Pertama, Bintara dan Tamtama.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan oleh Direktur Polairud (Dirpolairud) yang berlangsung di Markas Polsek Leihitu, Jumat (19/1/2019), sekira pukul 19.00 WIT.

Acara kemudian dilanjutkan dengan renungan suci dengan memberikan pemahaman terhadap arti filosofi Baret Biru Benhur Polairud dan tugas-tugas Ditpolairud. “Makna Baret Biru Polairud diantaranya warna Biru merupakan warna umum yang lazim berkaitan dengan warna lautan (navy blue), terlihat nuansa perairan/bahari,” kata Dirpolairud Kombes Pol. Supeno Amir, Minggu (20/1/2019).

Selanjutnya, kata Dia, warna cerah mudah tertangkap oleh penglihatan (eye catching). Biru juga melambangkan semangat, menerangi lautan, menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri. “Warna biru mudah dikenali, selaras dengan warna lambang Polairud dan selaras dengan warna pakaian dinas lapangan Polair,” jelasnya.

Kegiatan wajib tersebut dilaksanakan dengan cara napaktilas atau jalan kaki dari Markas Polsek Leihitu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, menuju Markas Komando Ditpolairud, Lateri, Desa Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon. Jarak ditempuh sejauh kurang lebih 27 Km.

“Ke 46 personel dilepas dari titik start polsek Leihitu menuju pesisir pantai Negeri Lama. Dilanjutkan renang laut menuju pintu gerbang Mako Ditpolairud Polda Maluku,” ujarnya.

Menurutnya, pembinaan tradisi Ditpolairud merupakan masa pengenalan bagi personil baru kepada anggota, senior, hingga unsur pimpinan di lingkungan Jajaran Ditpolairud Polda Maluku.

“Sesi terakhir pada hari Sabtu (20/1/2019) Pukul 16.00 WIT yaitu upacara penutupan dan pembaretan bagi personel yang baru bergabung di lingkungan Ditpolairud Polda Maluku,” tandasnya.(ADI)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *