DLHP Musnahkan Limbah Medis Covid-19 di Luar Maluku

by

TERASMALUKU. COM, AMBON, – Limbah medis selama masa COVID-19 dari Ambon selama ini dimusnahkan di Pulau Jawa.
Dinas Lingkungan Hidup (DLHP) kota Ambon menyatakan lokasi pemusnahan limbah yang jauh dimaksud untuk menjaga keamanan.
Kepala dinas LHP, Lucia Izaak menjelaskan pemusanahan limbah medis COVID-19 tidak dilalukan di TPS Toisapu.

“Selama setahun 2020 kemarin, pemusnahan sampah oleh Pemerintah Kota (Pemkot) dilakukan di luar. Supaya menghindari 4 kluster baru dari limbah,” Papar Lucia.

Limbah limbah yang dimaksud berasal dari fasilitas kesehatan yang berada dalam lingkup pemerintah kota. Menurutnya pengolahan limbah COVID-19 harus di lakukan dengan cara yang tepat. Tujuannya untuk menghindari ada kontak dengan virus dan berpindah ke manusia. Untuk itu pemusnahan limbah medis tidak dilakukan di tempat pembuangan akhir (TPA) di kawasan Passo.

Pemusnahan, kata Lucia, dilakukan di pulau Jawa. “Ada vendor yang mengangkut itu, ” ungkapnya, Selasa (6/4).
Jadi tidak ada limbah medis yang masuk ke TPS Toisapu. Terkait jumlah, Lucia mengaku jika sampah dari Kota Ambon jumlahnya tidak banyak. “Perasaan tidak terlalu banyaklah. Setau saya itu, kalau di puskesmas-puskesmas sendiri itu sekitar dua-dua kilo limbah medis. Jadi tidak banyak. Intinya limbah tahun kemarin sudah dimusnahkan, ” kata Lucia namun dia tidak menerangkan detil jumlahnya.

Sedangkan untuk tiga bulan pertama di 2021, telah dikirim untuk pemusnahan.Sementara itu limbah covid seperti masker yang ada di tepi jalan mau tak mau dibersihkan oleh petugas penyapu jalan. Namun dia memastikan hingga kini tidak ada petugas penyapu jalan yang terpapar covid.
Tambah dia, selama ini, petugas kebersihan tidak pernah terpapar virus mematikan yang masih mewabah di Kota Ambon ini.

“Oh tidak ada. Itulah hebatnya Tuhan karena petugas menjalakan tugas melayani dengan hati. Puji Tuhan mereka sampai saat ini sehat-sehat saja, ” Katanya.(PRISKA BIRAHY)