DPD RI Bawa Bantuan dari Iuran Anggota Dewan

by
Penyerahan bantuan secara simbolik oleh Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono kepada BPBD Maluku (5/9). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Perhatian negera kepada penyintas gempa di Maluku terus berdatangan. Ketua Dewan perwakilan Daerah (DPD) RI, Nono Sampono siang tadi membawa sejumlah bantuan yang berasal dari Task Forced bagi masyarakat Maluku.

Bantuan berupa bahan makanan dan kebutuhan lauk pauk menjadi prioritas pihaknya untuk menyalurkan kepada para penyintas. Bertempat di Posko Satgas Penanggulangan Bencana Maluku Korem 151 Binaiya Ambon. Dia datang bersamaan dengan dua truk bantuan yang segera didistribusikan.

“Ada 16 item bantuan yang akan dibagikan kepada korban gempa di Maluku,” kata Nono saat menyerahkan secara simbolik bantuan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Maluku (BPBD) sore tadi (5/10/2019).

Di hadapan sejumlah wartawan dan satgas bencana dia menjelaskan jika bantuan tersebut berasal dari iuran 136 anggota dewan. Iuran bulanan itu digunakan sebagai dana pembiayaan bencana. Untuk Maluku, dana yang terkumpul sebanyak Rp 400 juta yang dibawa langusng oleh empat perwakilan anak daerah di pusat.

“Ada Rp 400 juta, Anna, Novi, pak John Pieris. Saya pilih ke sini bawa Rp 100 juta. Dan saya tambah lagi dari saya pribadi jadi Rp 200 juta,” terang Mantan Kepala Badan SAR Nasional 9 itu. Masing-masing anggota DPD itu punya tugas dan lokasi pembagian yang berbeda di Maluku.

Nono sendiri memilih membawa bantuan itu ke Maluku dan langsung mempercayakan BPBD untuk menyalurkan ke para pengungsi agar tepat sasaran.

Bantuan senilai Rp 200 juta itu nantinya dibagi dua. Seratus juta rupiah disalurkan melalui BPBD sedang sisanya diserahkan kepada pengungsi di Darusallam, Desa Tulehu Kabupaten Maluku Tengah.

loading...

Penyaluran langsung serta melalui lembaga terpercaya diharapkan dapat segera dirasakan manfaatnya oleh para pengungsi. Menurutnya masih banyak warga yang membutuhkan bantuan. Mereka umumnya mendiami tempat yang berjarak jauh dari jalan utama sehingga sulit dijangkau.

Selain bahan makanan dan sembako, dia menyerahkan bantuan dua unit wireless untuk membantu aktifitas di tempat pengungsian yang terbatas listrik.

Dia berharap masyarakat Maluku tidak hanya melihat besar atau jumlah bantuan. Namun lebih dari itu kepedulian, saling membantu mengurangi beban selama berada di pengungsian.

Usai penyerahan bantuan, Nono berjanji akan menemui Gubernur Maluku, Murad Ismail malam nanti untuk membahas sinergitas dengan berbagai pihak tentang apa saja kebutuhan pengungsi di Maluku. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *