DPRD Ambon Bakal Panggil Paksa Pimpinan LPJ, Terait Program Seribu Rumah

by

 

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Komisi III DPRD Kota Ambon bakal memanggil paksa pimpinan PT. Lestari Pembangunan Jaya (LPJ) Betty Pattikaihatu terkait program seribu rumah yang akan dibangun di Kota Ambon.  Program tersebut hingga kini tidak terdaftar di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan masih bermasalah soal pembangunan.

Padahal PT. LPJ telah melakukan penagihan uang muka. “Kami berencana untuk memanggil pihak pengembang PT LPJ pada Jumat (18/8), untuk meminta klarivikasi atas program yang sempat dilakukan MoU dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon,” kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Ambon, Christian Latumahina kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Ambon, Selasa (15/8).

Ia mengatakan, dari penyampaian PT. LPJ, telah disiapkan 50 hektar lahan untuk proyek pembangunan rumah. Ternyata hanya 2,9 hektar lahan yang disiapkan. Apalagi, kata dia, program tersebut tidak terdaftar di Kementerian PUPR. Olehnya itu DPRD akan memanggil pimpinannya. “Jadi kita akan memanggil kembali Betty Pattikaihatu selaku pimpinan PT LPJ,” kata Christian.

Politisi Partai NasDem ini mengungkapkan, jika sebelumnya pihak pengembang tidak menghadiri panggilan Komisi III, maka masih bisa dimaklumi dengan alasan tersebut. Namun setelah diketahui, dari hasil kunjungan ke Kementerian PUPR, maka komisi akan memanggil kembali pihak tersebut bersama Pemkot Ambon untuk mengklarifikasi  program itu.

lebih lanjut, Latumahina mengatakan, komisi akan kembali mengagendakan untuk pemanggilan ketiga kalinya. Dan jika tidak dihadiri, maka komisi siap menggunakan tata tertib (Tatib) DPRD Ambon, untuk melakukan pemanggilan paksa. “Jika sampai tiga kali panggilan komisi tidak diindahkan, maka komisi akan menggunakan tatib DPRD untuk memanggil paksa pihak PT. LPJ. Karena kita perlu mendapat klarifikasi terkait program tersebut. Karena ini perlu ada penjelasan dari pihak pengembang sehingga tidak terkesan menipu rakyat,” ujarnya. (IAN)