DPRD Ambon Datangi Kemendagri Tanyakan Blanko E-KTP Yang Habis, Begini Hasilnya

by
Komisi I DPRD Kota Ambon saat menemui pejabat Kemendagri terkait blangko EKTP Kota Ambon, Senin (27/1/2020). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Komisi I DPRD Kota Ambon akhirnya mendatangi Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Senin (27/1/2020) untuk mempertanyakan stok blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) bagi  Ambon yang telah habis. Kunjungan tersebut sesuai hasil rapat dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon.

Dalam kunjungan ini, Komisi I DPRD Kota Ambon mendengarkan langsung terkait kekosongan stok blanko E-KTP dari Kasubid Wilayah 5 Ditjen Dukcapil Kemendagri. “Tujuan kita ke Kemendagri ini untuk menyampaikan aspirasi masyarakat secara langsung terkait kekurangan blanko KTP elektronik. Kita ingin tahu kenapa hal ini bisa terjadi dan seperti apa solusinya dari pusat,” tandas Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes.

Politisi Golkar ini mengakui, sesuai kebutuhan, Kota Ambon masih kekurangan blanko E-KTP di tahun 2019 sebanyak 9.000 keping. Dan di tahun ini, telah bertambah menjadi 15.000 keping.

Menurut dia, pihak Ditjen Dukcapil Kemendagri telah memastikan bahwa saat ini blanko E-KTP sudah disiapkan. Blanko-blanko tersebut tinggal didistribusi ke daerah-daerah. Akan tetapi lanjutnya, dari kabupaten, kota atau provinsi harus menyurati pihak Kemendagri. Dilengkapi dengan data-data yang jelas dan lengkap, agar pihaknya mengetahui berapa banyak jumlah blanko e-KTP yang dibutuhkan

loading...

“Kata pihak Dukcapil di Kemendagri, bahwa blanko KTP elektronik sudah disiapkan. Tinggal sekarang respon dari Dukcapil Kota Ambon harus menyurati ke pusat. Jadi data yang sudah direkam di daerah sudah disiapkan blanko KTP elektroniknya,” katanya.

Dia menambahkan, dari pernyataan pihak Dukcapil Kemendagri, banyak kebutuhan blanko e-KTP yang harus distribusikan, akan tetapi dilakukan secara bertahap.“Mereka pastikan penuhi sesuai dengan permintaan, yang penting Dukcapil Kota Ambon menyurati pihaknya di pusat, agar bisa langsung didistribusikan untuk blanko KTP elektroniknya,” jelas Pormes. (ALFIAN SANUSI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *