DPRD Bahas Krisis Air Bersih di Kota Ambon

by
DPRD Kota Ambon menggelar rapat bersama membahas soal krisis air bersih di Kota Ambon, Senin (9/3/2020). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-DPRD Kota Ambon menggelar rapat gabungan antara Komisi I dan Komisi II untuk membahas persoalan krisis air bersih di Kota Ambon yang berlangsung di Ruang Rapat DPRD, Senin (9/3/2020).

“Hari ini kita rapat komisi yang dipimpin oleh pimpinan DPRD, untuk membahas krisis air bersih di Kota Ambon saat ini,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono kepada wartawan usai rapat.

Rustam mengatakan dalam rapat tersebut ada dua hal pokok yang dibahas. Yakni catchment area atau daerah tangkapan air yang ada dan catchment area baru, dan mempertahankan daerah tangkapan air dengan intervensi program dan kegiatan dari pemerintah.

“Soal intervensi program kegiatan yang lebih besar nanti kita koordinasikan dengan provinsi yang punya kewenangan itu. Kemudian Balai Sungai dan Kementerian PU,” kata Rustam.

Loading...

Namun, kata Politisi Gerindra ini, kalau memang sudah ditemukan dalam survey, daerah tangkapan air  di Kota Ambon yang potensinya luar baik untuk melayani kebutuhan air, maka baru ada program lebih besar.

“Saya kira ini menjadi pintu masuk krisis air bersih yang terjadi selama ini, karena daerah tangkapan air sudah hilang dari wilayah yang dipakai sebagai sumber air bersih,” ujarnya.

Hal tersebut, karena akibat pembangunan dan adanya pemukiman penduduk di daerah tangkapan air, sehingga krisis air bersih ini terjadi.”Ini akibat pemukiman dimana-mana, dan daerah tangkapan air terjadi pembangunan,” kata Rustam.

Dia menambahkan, DPRD Kota Ambon memberikan waktu kepada dinas terkait selama seminggu untuk melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Setelah itu baru DPRD akan mendorong pergeseran APBD tahun 2020 untuk tangani persoalan air bersih. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *