DPRD Kota Ambon Minta Dinsos Tertibkan Gepeng Dan Anak Jalanan

by
Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes. FOTO : DOK.(TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon Zeth Pormes minta Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kota Ambon mendata gembel dan pengemis (gepeng) yang ada di Kota Ambon. Tidak hanya gepeng, Dinsos juga diminta memperhatikan anak-anak jalanan yang berjualan di lampu merah.

Ini sangat penting untuk memberikan pembinaan kepada mereka, dan bisa kembalikan ke keluarga masing-masing. Meski saat ini pehatian pemerintah pada pandemi Covid-19 , namun menurut Zeth persoalan gepeng juga harus diperhatikan.

“Pemerintah harus melakukan identifikasi dan menertibkan mereka,” kata Zeth kepada wartawan di Kantor DPRD Kota Ambon, Rabu (19/8/2020).

Zeth mengatakan masalah gepeng di Ambon menjadi tanggung jawab Dinsos agar bisa mengisolir mereka. Bila bukan warga Ambon, maka Dinsos harus mengembalikan mereka ke daerah asalnya sehingga tidak menimbulkan masalah di Ambon.

Loading...

“Dinas Sosial harus tertibkan dan berikan pembinaan, setelah itu kembalikan ke keluarga atau daerah asal mereka,” kata Zeth.

Selain itu, kata dia, tugas lain dari pemerintah adalah harus memperhatikan anak jalanan yang saat ini banyak berjualan di lampu merah.

Menurut Zeth, anak-anak ini merupakan generasi muda yang harus diperhatikan, tugas mereka belajar bukan malah mencari uang.

“Soal anak jalanan ini Dinsos juga harus perhatian, data mereka dan lakukan pembinaan agar mereka tidak lagi berjualan sampai tengah malam,” kata Zeth.

Pantauan Terasmaluku.com, anak-anak jalanan ini melakukan aktifitas berjualan koran di lampu merah pada sejumlah titik di Ambon mulai dari pago hingga petang. Seperti di kawasan lampu merah depan Pos Polisi Kota Ambon. Padahal waktu tersebut merupakan jam belajar bagi anak-anak itu. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *