DPRD Kota Ternate Soroti Aset Peninggalan Sejarah Yang Tidak Terurus

by
Aset sejarah Maluku Utara (Abdul Fatah)

TERASMALUKU.COM, Ternate-, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menyoroti peninggalan aset sejarah dan kejayaan Kesultanan Ternate  yang sudah rusak dan tidak terurus Pemkot setempat.

“Kami tentunya menyayangkan, kurangnya perhatian pemerintah untuk mengurus berbagai asset peninggalan sejarah seperti Buku Bendera atau Kadato Ici dan Aketubo,” kata Anggota Komisi III DPRD Kota Ternate, Nurlaela Syarif di Ternate, Selasa.

Loading…

Dia mengatakan bahwa dua aset ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah sehingga disayangkan keberadaan Buku Bendara dan Aketubo.

Menurut Nurlaela, untuk pembangunan Kadato Ici ada inisiatif masyarakat mengumpul dana untuk memperbaikinya. .

“Saya sudah menyampaikan untuk membangun silaturahim , di mana aset kebudayan bisa dimaksimalkan. Jadi, sudah direspon saat berkomunikasi dengan  Sekkot, agar Dinas Kebudayan bisa merevitalisasinya, ” ujarnya.

Selain itu, untuk alokasi anggaran pemugaran, kata Nurlela, bisa dialokasikan di Dinas Kebudayaan atau dana hibah yang melekat di masing – masing SKPD, karena pengguna anggaran ada di pemerintah.

Dia mengemukakan, masakan aset daerah kok masyarakat yang berpartisipasi mengumpul semen dan kondisi ini sangat memprihatinkan.

“Kita mendorong supaya sesegera mungkin ada perhatian serius dari Pemkot Ternate ,” tandas Nurlaela.(ANT)

Sumber : Antaranews