DPRD Maluku Bahas 15 Ranperda Usai Pengawasan, Yang Inisiatif Dewan Hanya Empat

by
Sekwan DPRD Maluku Bodewin Wattimena. FOTO : NAIR FUAD

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku dijadwalkan membahas 15 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usai pengawasn di 11 kabupaten dan kota di Maluku. 15 Ranperda itu terdiri dari 11 usulan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dan empat usualan inisiatif dari DPRD.

“15 Ranperda ini sisa Perda yang belum dibahas dari 2019. Sisa dari tahun 2019 itu lah akan dibahas setelah anggota DPRD melakukan pengawasan di 11 kabupaten kota pada 2020 ini. Namun kita juga masih menunggu hasil fasilitasi dari Kemendagri,”kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Maluku, Bodewin Wattimena di Ambon Senin, (24/2/2020).

Bodewin Wattimena mengatakan, DPRD akan bahas 15 Ranperda ini karena sudah ditetapkan oleh Program Pembentukan Perda (Propemperda) tahun 2020. Dan kini pihaknya lagi menunggu DPRD usai menyelesaikan agenda pengewasan di 11 kabupaten dan kota di Maluku. Selain itu lanjutnya, khusus untuk Ranperda tentang Perusahaan Daerah (PD) Pancakarya dan penyertaan modal pada PD Pancakarya sudah dibahas dan sudah ada hasil evaluasi dari Kemendagri. “Kalau diterima dari DPRD maka mungkin setelah agenda pengawasan kita akan tetapkan,”singkat Bodewin.

11 Ranperda usulan Pemprov Maluku yang akan dibahas diantaranya,  1. Ranperda Tentang Pembangunan Kepemudaan, 2. Ranperda tentang Pencegahan dan Penaganan Korban Perdagangan Orang, 3. Ranperda Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran, 4. Ranperda tentang Perseroda Maluku Energi Abadi Provinsi Maluku, 5. Ranperda Tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyelagunaan dan Peredran Gelap Narkotika, 6. Ranperda Provinsi Maluku tentang PT. Maluku Energi, 7. Ranperda tentang Penyertaan Modal Kepada PERSERODA Maluku Energi Abadi, 8. Ranperda Tentang Perubahan kedua atas Perda Nomor 15 tahun 2013 tentang Perizinan Tertentu, 9. Ranperda Retribusi Jasa umum, 10. Ranperda Penyidik Pegawai Sipil Provinsi Maluku, serta Ranperda tentang Hak Ulayat Provinsi Maluku.

Sementara untuk empat Ranperda Usulan Inisiatif DPRD yakni, 1 Ranperda tentang Penyelenggara Kehidupan Bermasyarakat, 2. Ranperda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan, dan 3. Ranperda tentang Perlindungan Kekayaan Intelektual, serta Ranperda tentang Penyelenggaraan Keolahragaan. (NAIR FUAD)