DPRD Maluku Temukan Warga Miskin Baru Belum Tersentu Bantuan

by
Anggota DPRD Maluku Eddyson Sarimanella. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Tim pengawasan Covid-19 DPRD Maluku menemukan banyak masyarakat di wilayah pinggiran Kota Ambon menjadi miskin akibat pendemi covid-19. Warga kehilangan pekerjaan dan karena di PHK akibat pandemi covid-19.

“Temuan dari tim pengawasan, di Negeri Passo saja ada 450 orang data miskin baru. Mereka terdampak Covid-19. Mereka ini ada sebagian yang tidak punya pekerjaan karena di PHK akibat covid-19,” kata anggota DPRD Maluku Eddyson Sarimanella kepada wartawan di Kantor DPRD Maluku Rabu (26/8/2020).

Eddyson mengatakan sudah sebulan masyarakat miskin baru ini tidak menerima bantuan secara langsung dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Padahal katanya, Pemerintah Negeri Passo sudah memasukan nama dari masyarakat miskin baru itu ke Pemkot Ambon. Namun hingga kini mereka belum menerima bantuan dari pemerintah.

“Harus ada realisasi yang kongkrit dari Pemkot Ambon dan tidak boleh ada tunda menunda karena masyarakat miskin baru sangat membutuhkan. Mereka butuh makan,”tegas Politisi Partai Hanura ini.

Loading...

Dengan bertambahnya masyarakat miskin baru, menurut Eddyson Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku harus serius menanggapinya. Karena hal serupa pasti terjadi di sebelas kabupaten dan kota di Maluku. Dan tentu jumlahnya pasti tinggi.

“Di pingiran Kota Ambon saja ada warga miskin baru. Apalagi di sebelas kabupaten dan kota. Ini harus diperhatikan oleh Pemprov Maluku dan Pemda Kabupaten,”katanya lagi.

Sementara itu Sekda Maluku Kasrul Selang mengungkapkan, Pemprov Maluku telah memiliki data masyarakat miskin baru. Data itu langsung dari sebelas kabupaten dan kota di Maluku. Ada 49 ribu kepala keluarga (KK) miskin baru. Terkini Pemprov Maluku sudah mengalokasikan anggaran untuk masyarakat miskin baru itu sebesar Rp 71 Miliar.

“Sebanyak 49 ribu KK. Kita juga mengalokasikan anggaran sebanyak Rp 71 Miliar untuk mereka. Muda mudahan agar dana dana ini dibagi dan diterima oleh mereka yang membutuhkan,” harap Kasrul. (NAIR FUAD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *