DPRD Minta Dishub Harus Berlakukan Kembali Dua Jalur Di Jalan Rijali

by
Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Rustam Latupono minta dishub berlakukan lagi dua jalur cegah kemacetan jelang waktu buka puasa (30/4). FOTO: Alfian Sanusi

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Rekayasa lalu lintas di Kota Ambon tak jua kurangi kemacetan. DPRD Kota minta Dishub harus berlakukan kembali buka-tutup jalan seperti di Jalan Rijali Ambon.

Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono menilai rekayasa lalu lintas sebelumnya tidak memberi solusi. Ada beberapa ruas jalan utama di Ambon yang kini dijadikan satu jalur. Pada jam-jam sibuk, terjadi penumpukan kemacetan dan itu bisa makin parah jelang waktu buka puasa.

“Padahal itu sangat penting agar warga yang ingin ke Kebun Cengkeh bisa melewati jalur Belakang Soya,” jelas Rustam kepada wartawan, Selasa (30/4/2019). Dulunya, Jalan Rijali diberlakukan dua jalur. Warga dari kota yang ingin menuju ke arah Batumerah bisa melintas di situ. Sejak aturan baru dishub, pengendara hanya boleh melintas dari arah Batumerah menuju ke pusat kota.

Sedang pada praktiknya, pengendara dan pengguna jalan lain lebih memilih melawan arus untuk mengindari kemacetan di Jalan Kakialy hingga Tulukabessy.

Menurut Rustam, dishub perlu membuka kembali jalur tersebut. “Takutnya kondisi ini justru semakin terjadi penumpukan kendaraan terutama saat bulan puasa,” jelas dia. Ruas jalan yang paling banyak menyumbang kemacetan yakni di Jalan Telukabessy, Jenderal Sudirman, Rijali, dan Jalan Pantai Mardika Ambon. Pada hari biasa kawasan itu sesak dengan kendaraan. Apalagi jelang waktu berbuka, kondisninya bisa lebih parah.

Untuk itu pihaknya minta dishub agar mengkaji kembali sistem dua jalur serta berkoordinasi  pada kawasan yang rawan macet. (ALFIAN SANUSI)