DPRD Minta Pembagian Kartu Nelayan di Maluku Harus Tepat Sasaran

by
Abdullah Marasabessy

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dewan Perwakilan Rakayat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku berharap Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku membagikan Kartu Nelayanan harus tepat sasaran. Pasalnya di sejumlah dearah pada Provinsi Maluku, kartu nelayanan diterima masyarakat yang bukan nelayan.

“Yang jelas banyak sekali kelompok-kelompok penerima bantuan terutama di bidang sarana penangkapan ikan dan budidaya yang sampai saat ini belum mendapatkan kartu nelayan. Karena memang sosialisasi terkait kartu nelayan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan sangatlah minim,” ungkap anggota Komisi B DPRD Maluku Abdullah Marasabessy kepada wartawan di Ambon, Senin (30/4).

Menurut politisi Fraksi NasDem ini, sudah saatnya kartu nelayan harus dimiliki dan menjadi syarat para nelayan di Provinsi Maluku. Namun kenyataannya yang bukan nelayan juga menerima kartu tersebut. “Seharusnya dinas lakukan sosialisasi tiap kabupaten dan kota agar terdata jumlah yang sudah terima dan belum menerima kartu nelayan dan sudah terdeteksi dari besar jumlah itu dan kemudian menjadi bahan referensi dari dinas terkait untuk bisa lakukan penanganan program karen hal tersebut adalah milik kita bersama,”kata Abdullah.

Ketua Fraksi Partai NasDem ini mengatakan, pihaknya baru 7 melakukan pengawasan di beberapa SKPD Pemerintah Kota Ambon termsuk Dinas Kelautan dan Perikanan. Menurutnya, di Dinas Kelautan dan Perikanan yang ikut dibicarakan adalah Kartu Nelayan, jaring bobo dan juga kelompok-kelompok pancing tonda serta bantuan-bantuan untuk kapal-kapal penangkap ikan.“Pengawasan kita di Kota Ambon ini terfokus kepada kegiatan-kegiatan APBD maupun APBN dari seluruh SKPD mitra terkait untuk Tahun 2017,”ungkapnya. (UAD)