Dua dari 16 Warga Terjaring Operasi Yustisi Pasar Mardika, Reaktif

by
Richard Luhukay. FOTO : Iman Loilatu

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Tim satgas covid-19 Kota Ambon lakukan operasi yustisi di Pasar Mardika Ambon, Senin (1/2/2020). Dalam operasi itu terjaring 16 orang warga yang keluar tidak memakai masker dan dua diantaranya rekatif berdasar hasil rapid test.

“kita tadi melakukan operasi yustisi di pasar, dan terjaring 16 orang diantaranya dua orang reaktif,” kata Koordinator Fasilitas Umum Tim Pengendali PSBB Kota Ambon, Richard Luhukay kepada wartawan di Balai Kota Ambon.

Richard mengatakan, mereka yang reaktif itu berdasarkan Standar Operasi Prosedur (SOP), mereka langsung dibawa ke dinas kesehatan Kota Ambon untuk menjalani swab tes.
“sesuai dengan peraturan walikota (Perwali) kita langsung bawa mereka yang reaktif untuk di swab,” kata Richard.

Richard meminta kepada masytarkat di kawasan pasar Mardika maupun terminal untuk terus menerapkan Protokol kesehatan (Prokes)sesuai dengan aturan pemerintah, yaitu dengan mejaga jarak, memakai masker dan mejauhi kerumunan.

“Kami berharp masyarakat bisa taat dengan protokol kesehatan, karena hanya itu yang bisa mencegah penyebaran covid-19,” ujarnya.

Saat ini, kata Richard, kota Ambon masih tetap berada pada zona Oranye penyebaran covid-19 dengan tingkat resiko sedang. Selain itu, skoring zonasi kota Ambon terus meningkat dari sebelumnya.Skoring kota Ambon sebelumnya hanya berada pada angka 1,87, dalam waktu dua pekan naik menjadi 2,15.

Dia sangat optimis jika hal itu terus berlangsung maka kota Ambon bisa masuk pada zona kuning dengan tingkat resiko rendah. (ALFIAN SANUSI)