Dua Hal Penyebab Hujan Tiba-tiba Guyur Kota Ambon

by
Langit mendung Kota Ambon saat siang di musim peralihan, (22/4). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Hujan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur Kota Ambon dalam beberapa hari ini terjadi akibat dua hal ini. Warga Kota Ambon yang masih merasakan cuaca panas belakang sering dikagetkan dengan terjadnya hujan tiba-tiba.

Saat kondisi cuaca terik pada pagi siang hingga siang, lalu menjadi kelabu dan turun hujan menjelang sore. Untuk kondisi itu, Stasiun Meteorologi Kelas II Kota Ambon punya penjelasnnya. Kepala Seksi Observasi dan Informasi Sta. Met. Kelas II Pattimura – Ambon, Wilhelmina Paays berikan penjelasannya.

“Secara lokal adanya aktivitas pertumbuhan awan hujan (cumulonimbus) di sekitar Pulau Ambon,” terangnya, Kamis (22/4/2021). Pembentukan awan inilah yang menyebabkan hujan secara tiba-tiba dengan intensitas sedang hingga lebat dan angin kencang.

Penyebab kedua turun hujan yaitu, terdapat daerah belokan angin di sekitar Pulau Ambon dan Pulau Seram yang mengakibatkan pertumbuhan awan-awan hujan di daerah sekitar semakin intens.

“Tapi memang cuaca di Kota Ambon kita tahu sedang di masa peralihan. Dari panas ke hujan. Jadi normal saja kalau ada hujan sesekali,” lanjut dia.

Sementara itu warga Ambon tidak perlu lagi resah dengan adanya Siklon Tropis Surigae. Senior forcaster itu juga menambahkan pada beberapa hari lalu, kita hanya merasakan dampak tidak langsungnya.

Itu terjadi akibat adanya pembentukkan daerah belokan angin. Namun informasi terbaru dari stasiun meteorologi, siklon tropis surigae saat ini bergerak ke arah Utara-Barat Laut menjauhi Indonesia.

“Diperkirakan intesitasnya akan melemah 24 jam ke depan,” tuturnya. (PRISKA BIRAHY)