Dua Kapal Mulai Angkut Pemudik Gratis ke SBT

Dua Kapal Mulai Angkut Pemudik Gratis ke SBT

SHARE
Ratusan penumpang memadati Pelabuhan Yos Sudarso Ambon untuk diberangkatkan dengan dua kapal tujuan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) melalui program mudik gratis Dinas Perhubungan Maluku, Senin (4/6/2018). FOTO : ALFIAN SANUSI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ratusan Pemudik mulai meninggalkan Kota Ambon menggunakan angkutan gratis yang disedikan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Maluku yakni, KM. Sabuk Nusantara 63 dan KM. Maloli menuju Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Senin (4/6/2018).

Dua kapal tersebut sengaja diberangkatkan lebih awal, agar tidak terjadi penumpukan penumpang menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Selain dua kapal tersebut, Dishub Maluku juga telah menyediakan 56 kapal lainnya untuk mengangkut pemudik dari Kota Ambon.

Para pemudik mulai memadati Pelabuhan Yos Sudarso Ambon sejak Senin pag, padahal KM Sabuk Nusantara 63 baru akan diberangkatkan pada pukul 18.30 WIT. Sementara KM. Maloli akan menuju Kabupaten SBT pada malam harinya.

Meski telah menunggu sejak pagi, ternyata masih ada puluhan pemudik tujuan Kecamatan Werinama yang tertinggal kapal. Diperkirakan, para pemudik tersebut tidak mendaftar untuk mendapatkan layanan mudik gratis dari Dishub Maluku.

“Kapasitas muat KM. Sabuk Nusantara 63 sebanyak 250 pemudik, dan ini sudah penuh karena masyarakat sudah daftar jauh-jauh hari,” kata Kepala Dishub Maluku, Frans Johanis Papilaya kepada wartawan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat, pihaknya akan menyurati Kementerian Perhubungan untuk menyediakan KM. Sabuk Nusantara 48, guna mengangkut para pemudik tersebut. Dan rencananya, warga yang tidak terangkut itu baru akan diberangkatkan pada Kamis depan.“Kami akan segera membuat surat Defisiasi ke Kementerian Perhubungan suapat KM. Sabuk Nusantara 48 bisa melayani pemudik ini,” ujarnya. (IAN)

loading...