Dua Maskapai Kurangi Penerbangan, Harga Tiket Ambon Naik

Dua Maskapai Kurangi Penerbangan, Harga Tiket Ambon Naik

SHARE
Harga tiket pesawat jelang libur panjang tinggi menyusul ada dua maskapai yang mengurangi penerbangan hingga mendekati natal. FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM – Harga tiket pesawat ke Ambon jelang natal dan tahun baru menukik tinggi. Harga terkini beberapa maskapai ada yang sampai tiga juta rupiah untuk sekali penerbangan.

Pada beberapa situs belanja tiket tak ada satupun harga dengan angka depan satu. Seperti pada dua situs, traveloka dan tiket.com, tiket tujuan Jakarta (CGK) – Ambon (AMQ) menunjukkan angka fantastis. Yang paling murah Rp 2.325.000 pada minggu pertama Desember. Sedangkan mendekati natal harga sampai menembus angka Rp 2.985.000.

Masyarakat pun mengeluhkan hal tersebut. Memang kenaikan jelan natal dan tahun baru atau pada high season bukan lagi barang baru. Namun kenaikan tahun ini dinilai cukup drastis bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Maluku Bambang Pramasudi pun menyebut demikian. Kenaikan harga tiket pesawat saat ini tengah jadi pembicaraan. “Kami sudah bicarakan dengan dinas perhubungan soal harga. Selebihnya nanti mereka yang sampaikan ke pihak maskapai. Sebab itu wilayah kerja mereka,” terang Bambang pada pertemuan dengan waratwan sore tadi (3/12).

Berdasar hasil pertemuan dia menyebut faktor kenaikan yakni bertepatan dengan rangkaian kegiatan besar di Ambon seperti pesparani. Sejak itu harga tiket bergerak naik hingga jelang masa libur panjang akhir tahun.

Humas PT. Angkasa Pura 1 Cabang Bandara Pattimura Ambon, Andi Heriyanto membenarkan hal itu. Harga tiket pesawat tujuan Ambon sedang berada pada puncak tertinggi tahun ini. “Biasanya masalah komersil. Biasanya di bulan November masyarakat menunda berpergian sehingga okupansi penumpang berkurang. Makanya harga jadi tinggi, prinsip ekonomi. Itu analisis kami,” jelasnya kepada Terasmaluku.com.

Okupansi yang berkurang juga berpengaruh pada banyakanya perjalanan pesawat. Pihak bandara mencatat ada dua maskapai yang mengurangi jumlah penerbangan. Akibatnya penerbangan yang tersedia penuh. “Nanti menjelang natal bakal dibuka lagi penerbangan, bahkan seperti tahun sebelumnya ada extra flight,” lanjut dia.

Dua maskapai yang mengurangi penerbangan yakni Garuda dan Lion Air. Berikut nomor dan rute pesawat. Cancel flight27 November s/d 15 Desember 2018 yakniMaskapai Lion Air nomor penerbangan JT 790 CGK – AMQ, JT 885 AMQ – CGK. Batik Air nomor penerbangan ID 6178 CGK – AMQ dan ID 6179 AMQ – UPG. Cancel flight25 November s/d indefinite, IW 1543 Labuhan – Ambon, IW 1542 Ambon – Labuha.

Cancel 1 Desember s/d indefinite maskapai Wings Air nomor penerbangan IW 1534 Ambon- Namrole, IW 1535 Namrole-Ambon. Cancel flight1 s/d 15 Dsember 2018 maskapai Lion Air nomor penerbangan JT 786 UPG – AMQ, JT 787 AMQ – UPG serta 30 November dan 3, 5 ,7, 10, 12, 14 Desember 2018 maskapai Garuda nomor perbangan GA 640 UPG – AMQ dan GA 641 AMQ – UPG. (PRISKA BIRAHY)

loading...