Dua Opsi Pelantikan Latuconsina Sebagai Wakil Ketua DPRD Maluku

by
Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury. FOTO : NAIR FUAD

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury mengatakan, pihaknya akan memikirkan dua opsi terkait rencana pelantikan Rasyad Efendi Latuconsina dari Fraksi Golkar sebagai Wakil Ketua DPRD Maluku pengganti antarwaktu setelah dilaksanakannya rapat Badan Musyawarah DPRD.

“Belum berakhirnya pandemi COVID-19 di Maluku dan pemberlakuan PSBB untuk wilayah Kota Ambon menjadi pertimbangan DPRD provinsi nantinya dalam menentukan rencana pelantikan, apakah melalui rapat paripurna terbuka atau secara virtual,” kata Wattimury di Ambon, Kamis (16/7/2020).

Rasyad Efendi yang selama ini menjabat Ketua F-Golkar DPRD Maluku akan menggantikan Richard Rahakbauw, setelah Sekretariat DPRD Maluku menerima Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Pergantian Antar Waktu pimpinan DPRD Maluku.

Namun jadwal pelantikannya belum diputuskan karena harus menunggu keputusan lewat rapat Badan Musyawarah DPRD Provinsi Maluku.”Saat ini Sekretariat DPRD provinsi telah mengantongi SK Mendagri tentang PAW pimpinan DPRD Maluku dan Sekwan sendiri telah melaporkan kepada saya terkait SK dimaksud,” akui Wattimury.

Loading...

Bila Bamus telah melakukan rapat dan diketahui hasilnya, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan pelaksanaan pelantikan namun tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

“Dengan adanya SK Mendagri maka DPRD akan membahas mekanisme yang akan digunakan untuk proses pelantikan pimpinan DPRD, apakah rapat paripurna digelar secara langsung atau virtual,” jelas Wattimury.

Tetapi rapat Bamus DPRD untuk sementara belum dapat dilaksanakan karena seluruh anggota dewan yang masuk dalam Pansus dua Raperda sementara berproses penyelesaian Raperda pembentukan Perseroan Daerah Maluku Energi Abadi dan Raperda penyertaan modal.

“Pimpinan beserta anggota pansus sementara melakukan studi banding ke luar daerah untuk menyelesaikan dua raperda dimaksud sehingga sehingga masalah waktu dan jadwal pelantikan akan dibahas Bamus setelah mereka kembali,” ucap Wattimury. (ANTARA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *