Dua Pejabat Pemkab Buru Positif, Satgas Covid : Masyarakat Harus Terapkan Protokol Kesehatan

by
sumber: republika.co.id

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA-Dua pejabat eselon II Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru terkonfirmasi positif covid-19 hasil swab massal di Kantor Bupati Buru akhir September 2020. Keduanya adalah pejabat berinsial AL 53 tahun dan HR, 56 tahun.

AL dan HR masuk dalam deretan 18 nama dari kalangan PNS dan PTT positif Covid 19. Para OTG positif Covid-19 ini terdiri dari 8 laki-laki dan 10 perempuan.

Bertambahnya 18 OTG positif Covid-19 di Kabupaten Buru ini, setelah Satgas Covid-19 Kabupaten menerima surat dari Kadiskes Maluku tertanggal 9 Oktober 2020 yang meneruskan hasil pemeriksaan dari BTKLPP kelas II Ambon tentang hasil sweb dari 140 orang.

Jubir Satgas Covid 19 Kabupaten Buru, Nani Rahim yang dikonfirmasi mengatakan, 18 OTG positif Covid berasal dari kalangan PNS dan PTT. “Umumnya ada pejabat esalon dua, tiga dan empat. Ada juga tenaga kesehatan dan PTT, “jelas Nani Rahim, Jumat (9/10/2020).

Dengan penambahan 18 OTG ini, Kabupaten Buru kini memiliki 57 OTG yang positif Covid-19. Nani mengatakan, para OTG ini menjalani karantina di rumah masing-masing. Lokasi karantina yang disiapkan Satgas di tiga tempat telah penuh ditempati OTG .”Kamar-kamar sudah full, jadi mereka akan menjalani karantina dirumah saja”ujar Nani Rahim.

Loading...

Karena terus bertambahnya OTG positif Covid, Bupati Ramly Ibrahim Umasugi memerintahkan untuk meliburkan seluruh SD, SMP dan SMA. Kata Nani Rahim instruksi meliburkan sekolah-sekolah ini tidak ada batas waktu. “Kita lihat situasi dan kondisi. Kalau sudah aman baru sekolah dibuka kembali,”papar Nani.

Selain sekolah yang libur, sejak Senin nanti seluruh kantor pemerintah di Namlea mulai menerapkan Work from home (wfh) atau bekerja dari rumah, tuturnya.

Dikabarkan juga dari 18 OTG positif Covid ini terdapat empat tenaga puskesmas Namlea. Untuk itu, puskesmas akan ditutup selama sepekan guna dilakukan sterilisasi, jelasnya.

Nani Rahim menghimbau masyarakat tidak panik dengan terus bertambahnya OTG positif Covid-19.

Kami menghimbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Masyarakat kurangi beraktifitas di luar rumah jika tidak penting, tetap pakai masker ke luar rumah, jaga jarak dengan anggota keluarga,”kata Nani.(DHE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *