Dua RSUD Di Ambon Segera Layani Pasien BPJS

by
RSUD Dr Haulussy dan RSUD dr Ishak Umarella dalam waktu dekat merampungkan akreditasi dan kembali layani pasien BPJS Kesehatan (21/5). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON – Pasien peserta BPJS sebentar lagi sudah bisa bernafas lega. Dua rumah sakit umum daerah yang sebelumnya terganjal akreditasi kini dalam proses penilaian. Itu berarti sebentar lagi keduanya bakal meneken kerjasama ulang dengan BPJS Kesehatan agar dapat memberi pelayanan penuh bagi para pasiennya.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dr Meikyal Pontoh kepada Terasmaluku.com di ruangannya Senin (20/5/2019). “Tim penilaian Selasa (21/5/2019) sudah turun ke RSUD Dr Haulussy Kudamati,” katanya.

Tim akreditasi datang untuk meng-upgrade kembali mutu pelayanan rumah sakit yang akan bekerjasama denga pihak BPJS Kesehatan. Sebelumnya pada 2 Mei lalu tiga rumah sakit tidak memberikan pelayanan kepada pasien peserta BPJS lantaran akreditasi mereka belum rampung.

Mereka adalah RSUD Dr Haulussy Ambon, RSUD Dr Ishak Umarella Tulehu dan RS Hati Kudus Langgur. Selama belum mengantongi akreditasi hanya pasien penderita jenis penyakit tertentu dan kegawatan yang bisa dilayani. Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno pun sempat menggelar rapat besar di RSUD Kudamati untuk mendorong percepatan akreditasi.

Nantinya usai penilaian barulah ada penandatanganan MoU dengan BPJS. Selain rumah sakit di Kudamati, Rabu (22/5/2019) giliran RSUD Dr. Ishak Umarella Tulehu Kabupaten Maluku Tengah Kota Ambon. “Paling lama penilaiannya lima hari. Paling terlambat itu satu minggu sudah ada MoU lagi dengan BPJS,” pungkasnya. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *