Dugaan Baru, Hilangnya Nelayan Tual

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, –Perkambangan terbaru datang dari pencarian nelayan asal Tual, Maluku Tenggara yang dikabarkan hilang sejak Kamis 12 Desember lalu.

Pihak SAR Ambon menerima kabar dari anggota keluarga bahwa, nelayan atas nama Abu Retob,55,  itu baru saja dihubungi via saluran telepon kemarin. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Ambon, Muslimin menyangsikan jika Abu benar-benar hilang.

“Ini anggota langsung lapor dari keterangan anak Abu. Mereka baru kontak dan hapenya aktif. kalau di laut tiga hari itu pasti hape sudah mati. Jadi dugaannya dia di darat bukan di laut,” aku Muslimin saat ditemui di ruangnnya Senin (16/12/2019) siang.

Dari keterangan anggota tim SAR Tual, sang anak bercerita jika sebelum kepergian ayahnya melaut sempat ada cekcok di rumah. Bahkan itu berlangsung seminggu. Lantas pada Kamis, Abu putuskan melaut sendiri. Padahal biasanya membawa serta seorang teman nelayan selama perjalanan mencari ikan.

“Nah, kalau begini saya minta untuk tidak dulu lakukan pencarian. Sebab ada kemungkinan di darat. Orangnya ditelpon bisa tapi tidak mau kasih tahu lokasinya di mana. Kan repot,” sebutnya.

Kondisi cuaca di perairan tempat pencarian pun tenang. Jarak pendang jauh dan jernih. Muslimin dan anggotanya di lapangan pung tak yakin jika dia benar-benar hilang. Di sekitar Pulau Hoa, banka perahu dan kapal nelayan hilir mudik mencari ikan. Besar kemungkinan mereka mudah mengenali Abu jika ia tersesaat atau alami kendala mesin.

Saat ini pihaknya tengah menanti laporan terbaru dari pihak keluarga dan anggota di Tual. Yakni untuk memastikan keberadaan dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan laporan pencarian orang hilang. (PRISKA BIRAHY)