Dugaan Suap Bupati Kepada Anggota DPRD SBB

by
Unjuk rasa mahasiswa mendesak pemeriksaan Bupati SBB Yasin Payapo atas dugaan suap kepada anggota DPRD (14/8). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON,-Sejumlah mahasiswa berunjuk rasa menunut kejaksaan segera memeriksa Bupati Seram Bagian Barat, Yasin Payapo atas dugaan suap terhadap anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat.

Unjuk rasa dilakukan di depan Kantor Kejaksaan Tinggi Maluku, Rabu (14/8/2019). Ikatan Pelajar Muhammadiyah Maluku (IPM) ini menemukan kecurigaan yang merugikan masyarakat. Dalam unjuk rasa itu mereka membeberkan jika ada dugaan tindakan suap dan meminta pihak Kepolisian juga Kejati segera memprosesnya.

“Ada dugaan penyuapan oleh Bupati SBB, Yasin Payapo untuk meluruskan laporan pertanggungjawaban APBD 2018. Amplop isi Rp 5 juta, hampir semua dapat,” jelas Ketua Umum PW IPM Maluku, Jamin Nurlette.

loading...

Dia menjelaskan Hendrik Seriholo anggota DPRD SBB Fraksi Golkar sempat mengembalikan amplop berisi uang saat sidang paripurna pada Jumat (2/8/2019).

Dalam amplop tebal itu berisi uang pecahan Rp 100.000 senilai Rp 5 juta yang kabarnya uang suap dari Pemda SBB. Aksi tersebut juga disakasikan bupati saat berada di sidang paripurna. “Karena itu kami minta kejaksaan datang ke SBB dan menginterogasi, lakukan penyelidikan,” lanjut Jamin.

IPM Maluku juga mengemukakan sejumlah tuntutan lain seperti meminta Kapolda dan Kejati segera memeriksa Yasin Payapo dan memberi hukuman tegas jika terbukti bersalah. Serta mendorong pihak Polres SBB pro aktif menuntaskan masalah tersebut. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *