Dukung Sail Tidore, Pemprov Malut dan Pemkot Tidore Kepulauan Siap Tuntaskan Infrastruktur

by
Pemprov Malut bersama Pemkot Tidore Kepulauan memantapkan koordinasi untuk menuntaskan infrastruktur dalam mendukung pelaksanaan Sail Tidore, September 2021 (Abdul Fatah)

TERASMALUKU.COM, TERNATE,– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) bersama Pemkot Tidore Kepulauan siap menuntaskan infrastruktur dalam mendukung pelaksanaan Sail Tidore pada September 2021.

“Untuk titik fokus dalam menyiapkan infrastruktur Sail Tidore 2021, akan dibenahi berbagai titik mulai dari lokasi puncak Sail Tidore seperti pantai Tugulufa, kawasan-kawasan kota yang menjadi tempat berlangsungnya acara, karena tempat itulah yang perlu diprioritaskan,” kata Ketua DPRD Kota Tikep Ahmad Ishak dihubungi dari Ternate, Kamis.

Selain itu, sejumlah sarana infrastruktur yang akan dibenahi seperti di Gurabunga, pelabuhan Rum, dan pulau Maitara, jadi sejumlah rangkain Sail Tidore itu, salah satunya infrastruktur perlu didukung secara baik.

Dia menyatakan, sesuai hasil pertemuan antara DPRD Kota Tidore Kepulauan bersama panitia Provinsi Malut dan panitia Kota Tidore dengan tujuan memantapkan kesiapan pembangunan infrastruktur menjelang Sail Tidore.

Dalam pembicaraan yang disampaikan dalam pertemuan tersebut, DPRD menanyakan sejauh mana panitia Provinsi Malut dan panitia lokal, khususnya Tidore dalam menyelenggarakan kegiatan Sail Tidore pada bulan September mendatang.

Sedangkan, berdasarkan laporan dalam pertemuan dengan panitia, infrastruktur mana saja yang perlu disiapkan demi melancarkan Sail. Tetapi, sebagian laporan tersebut sudah disiapkan dari panitia Provinsi.

“Rencana sudah tersusun secara baik, namun kita butuh dukungan dari Balai Provinsi dan Kementerian. Yang pasti, kesepakatan DPRD dan panitia di daerah ini, mengawal panitia serta mengawal Balai Prasarana Permukiman Wilayah Malut serta Pemerintah pusat untuk memunculkan dana demi menunjang kegiatan Sail Tidore,” katanya.

Olehnya itu, dia meminta agar panitia Pemprov Malut maupun Pemkot Tikep untuk terus bersinergi agar seluruh infrastruktur Sail dituntaskan sebelum pelaksanaan Sail Tidore 2021.

Selain itu, saat ini pelaksanaan Sail Tidore terkendala di soal pembiayaan dan kalaupun tidak dipenuhi, maka infrastruktur tidak bisa diselesaikan, karena waktunya sangat singkat.