Dukungan Pemuda Maluku Bagi Korban Gempa di NTB

Dukungan Pemuda Maluku Bagi Korban Gempa di NTB

SHARE
Berbagai elemen mahasiswa dan pemuda menggalang dana untuk korban gempa di Lombok, NTB dari pedagang di Pasar Mardika Kota Ambon, Rabu (8/8/2018). Aksi ini juga digelar di jalan-jalan-jalan utama Kota Ambon. FOTO : PRISKA BIRAHY (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gempa bumi yang menewaskan 131 korban jiwa serta ribuan orang terluka di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali  itu menyisakan duka dan kepedihan. Kehilangan keluarga dan orang tercinta juga harta benda. Banyak yang enggan kembali berteduh di tempat penampungan seperti rumah sakit dan memilih berada di tenda lantaran trauma.

Tinggal dengan kebutihan seadanya dan terbatas. Sandang papan juga pangan yang minim.  Duka yang dirasa saudara-saudara kita di NTB dan Bali itu juga menyentuh warga di Kota Ambon. Sejak Senin (6/8/2018)  hingga Rabu (8/8/2018) puluhan mahasiswa dari berbagai organisasi maupun komunitas turun ke jalan untuk menggalang dana. Aksi itu sebagai bentuk empati dan solidaritas atas apa yang dialami warga NTB dan Bali.

Seperti yang dilakukan puluhan pemuda gabungan dari mahasiswa dari beberapa universitas di Ambon, pencinta alam, dan sahabat nahla.  Sejak, Rabu pagi mereka berkumpul dan memulai aksi turun ke jalan dengan berjalan kaki  mulai dari  kawasan Pasar Mardika hingga berakhir di Masjid Al Fatah Ambon. Mereka menggalang dana dari warga Kota Ambon.

Zainudin Tuasu, koordinator aksi solidaritas Maluku Peduli Lombok menyebut aksi tersebut merupakan salah stau bentuk dukungan yang bisa mereka berikan bagi korban gempa bumi Lombok, NTB. “Galang dana ini untuk membantu soadara kita di sana. Ini bentuk solidaritas. Kami tidak bisa ke sana dan ini yang kami lakukan sekaligus mengajak warga kota untuk terlibat,” sebutnya di sela sela kegiatan mereka.

Para relawan yang turun ke jalan itu menyadar warga serta penjual di Pasar Mardika untuk turut membantu. Dari satu lapak ke lapak lain pejalan kaki hingga tukang becak turut memberi dukungan dalam bentuk uang. Menurut Zainudin nantinya uang yang terkumpul bakal dikirim untuk membantu berbagai kebutuhan korban gempa. “Tapi kami tidak kirim dalam bentuk barang. Kalau sudah terkumpul kami akan pastikan kembali untuk pengiriman agar tepat sasaran,” tegasnya.

Nantinya uang dukungan itu bakal disalurkan langsung melalui lembaga atau jalur resmi dan aman agar sampai ketangan warga korban gempa. Maluku Peduli Lombok sepenuhnya mempercayai pihak yang akan membawa uang tersebut untuk dibelanjakan sesuai kebutuhan warga di sana.Tidak hanya di Kota Ambon, aksi galang dana untuk korban gempa Lombon, NTB juga digelar di sejumlah daerah di Maluku.(BIR)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...