Edaran Vaksinasi Untuk Ibu Hamil Diharapkan Rilis Pekan Depan

by
Ilustrasi ibu hamil (pixabay) (pixabay)

TERASMALUKU.COM, Ambon. Sekjen Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K) berharap surat edaran vaksinasi untuk ibu hamil bisa dikeluarkan pada pekan depan.

Prof. Budi mengatakan vaksinasi adalah kata kunci yang sangat penting untuk mencegah kesakitan dan kematian pada ibu hamil.

Pihak POGI bersama Kementerian Kesehatan dan BKKBN pun saat ini sudah menyiapkan form pencatatan untuk memantau semua ibu hamil yang akan mendapatkan vaksinasi.

“Semoga nanti petunjuk teknisnya bisa segera dikeluarkan sehingga tidak ada lagi ibu hamil masuk dalam kategori eksklusif untuk dilakukan vaksinasi. Mudah-mudahan bisa minggu depan sudah bisa dikeluarkan surat edaran dari Kementerian Kesehatan untuk vaksinasi ibu hamil,” ujar Prof. Budi dalam jumpa pers virtual pada Jumat.

Bersama Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Kemenkes, POGI juga sudah menyelesaikan form skrining untuk ibu hamil, kartu kendali termasuk pertanyaan-pertanyaan saat pemeriksaan sebelum vaksin.

Prof. Budi menjelaskan sebelum melakukan vaksinasi, ibu hamil nantinya juga harus melakukan serangkaian skrining untuk memastikan bahwa dia tidak mengalami tanda-tanda preklamsia berat.