Jelang Peneguhan Sidi Harga Cabai Dan Bawang Putih Naik

oleh
Harga bawang putih di Pasar Mardika dan Amans Ambon perlahan naik dalam beberapa hari (10//4). FOTO: Priska Birahy

 

TERASMALUKU.COM  – Sejumlah bumbu dapur di pasar trasional Ambon naik. Kondisi itu berlangsung dalam tiga hari belakangan. Harga cabai rawit bahkan lebih tinggi dari pantauan harga pada Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS).

Hal itu dijumpai pada salah satu penyuplai di pasar Mardika dan Amans Ambon. Harga cabai rawit merah dari Ambon terpantau berada di kisaran Rp 70.000 per-kilogram. Harga itu terbilang jauh lebih pedas dibandingkan cabai rawit merah dari luar Ambon.

Fatir Suleman salah seorang pedagang mengakui jika harga jual cabai dari Ambon lebih mahal. Itu dipengaruhi oleh kualitas barang. “Kalau dari Ambon dia segar. Beda dengan cabai ‘kapal’ dari Makassar dia layu seng segar lai,” jelas Fatir. Harga cabai rawit ‘kapal’ berada di kisaran Rp 60.000 per-kilogram.

Untuk harga bawang putih (baput) per-kilogram pun diakui pedagang perlahan naik dalam beberapa hari belakangan. Baput bersih dijual seharga Rp 40.000 per-kilogram. Sedangkan baput kotor atau yang belum dibersihkan jauh lebih murah sekitar Rp 30.000 per-kilogram.

Menurut Fatir belakangan permintaan pasar meningkat seiring akan ada kegiatan besar umat Kristen, yaitu peneguhan sidi. Beberpa komoditas tersebut sebelumnya berada pada harga normal. Terlebih cabai dan bawang merah. Pasalnya stok bawang dan cabai juga tersedia di Ambon. Beberapa lahan petani di Pulau Ambon jadi pemasok besar. Namun saat ini lanjut Fatir musim panen telah usia. Merekapun mengandalkan pasokan dari luar. (PRISKA BIARHY)

 

BACA JUGA :  Pendongeng Damai Boyong Guru Sekolah Minggu Damer Lakukan Interfaith Journey di Ambon

No More Posts Available.

No more pages to load.