Harga Tomat Dan Bawang Merah Kian Merah Di Pasar

oleh
Harga bawang merah dan tomat di pasar Mardika Kota Ambon. FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON,- Harga sejumlah bumbu dapur dan kebutuhan pokok terpantau tinggi. Bawang merah dan tomat termasuk yang alami kenaikan paling drastis selama dua pekan ini.

Di pasar tradisional Mardika Kota Ambon, harga tomat termasuk yang paling mencolok. Sebelumnya harga tomat perkilogram berkisar Rp 8.000 hingga Rp 10.000 perkilogram. Saat ini melonjak dua kalipatnya.

“Kemarin-kemarin itu cuma delapan ribu rupiah. Sekarang sudah Rp 25.000 perkilogram. Mahal,” ucap Tien, salah satu pengusaha katering. Menurutnya untuk kebutuhan membuat sambal atau makanan bersaus dirinya terpaksa berhemat.

Dia menjadwal jenis masakan semacam itu hanya dua atau tiga kali dalam seminggu. Tujuannya untuk menghemat penggunaan tomat. Hal itu juga berlaku pada bawang merah.Harga bawang yang tadinya berkisar Rp 35.000 hingga Rp 38.000 perkilogram naik sampai Rp 41.000 perkilogram.

 

 

Dari pantauan wartawan di pasar dan beberapa kios kecil di komplek perumahan, harga dua bumbu dapur itu paling tinggi. Berbeda dengan harga telur yang makin stabil dengan harga penjualan eceran di beberapa toko kecil antara Rp 2.000 hingga Rp 2.5000 perbutir.

Berdasar grafik harga pangan resmi pada Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional harga bawang merah di Pulau Ambon Rp 46.250 perkilogram dna merupakan harga update hari ini 18 Juni 2019.  (PRISKA BIRAHY)

BACA JUGA :  Menanti Efek Berganda Dari Blok Masela

No More Posts Available.

No more pages to load.