Ratusan Petugas Bawaslu Dilindungi BPJAMSOSTEK

oleh

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Menjelang Pilkada serentak tahun 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Seram Bagian Timur menggandeng BPJAMSOSTEK Cabang Masohi Kepulauan Seram untuk dilindungi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Kepala Kantor Cabang Masohi Kepulauan Seram Zippora Lilian Wallyd, dalam release yang diterima Terasmaluku.com, Jumat (4/12/2020) mengatakan, pada kegiatan tersebut juga di isi dengan sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Melalui kunjungan kerja tersebut diharapkan petugas Bawaslu dan jajarannya semakin memahami hak dan kewajiban sebagai peserta BPJAMSOSTEK,” katanya.

Zippora mengatakan, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) merupakan program dari BPJAMSOSTEK yang dimana manfaat memberikan perlindungan dari segala bentuk resiko yang terjadi akibat hubungan kerja baik itu perjalanan dari rumah menuju tempat kerja maupun sebaliknya.

Dia menjelaskan, untuk biaya pertanggungan pengobatan sendiri tanpa batas yakni sesuai kebutuhan medis. Apabila mengalami resiko meninggal dunia akibat hubungan kerja maka pihaknya, memberikan santunan kepada ahli waris sebesar 48 kali gaji terlapor.

Sementara untuk Program Jaminan Kematian (JKM) merupakan santunan yang diberikan kepada ahli waris tenaga kerja apabila tenaga kerja meninggal dunia diluar hubungan kerja, untuk besaran yang diberikan senilai Rp42 juta.

Kepala Sekertariat Bawaslu Kabapuaten Seram Bagian Timur, Ahmad Junaidi Saimima menjelaskan, pendaftaran jaminan ketenagakerjaan itu mencakup 337 Orang PTPS (Pengawas Tempat Pemungutan Suara).

Sebelumnya juga sudah didaftarkan Komisioner Bawaslu 45 Orang, Sekcam Bawaslu 120 Orang, PKD (Panwaslu Kelurahan/Daerah) Bawaslu 198 Orang, sehingga total keseluruhan BPJAMSOSTEK telah melindungi 700 orang Petugas Bawaslu Kabupaten Seram Bagian Timur.

“Seluruh Pengawas tersebut kami berikan perlindungan jaminan sosial Ketenagakerjaan yaitu JKK dan JKM dengan masa perlindungan berbeda-beda agar dalam menjalankan tugas nantinya menjadi aman dan tenang,” ujar dia. (ALFIAN SANUSI)

BACA JUGA :  17 Maret Penambang Emas Ilegal Dikosongkan Dari Gunung Botak

No More Posts Available.

No more pages to load.